1.197 Nakes di Minahasa Prioritas Divaksinasi COVID-19 Tahap Pertama

Minahasa – Sebanyak 1.197 Tenaga Kesehatan (Nakes) di Kabupaten Minahasa jadi prioritas pemberian vaksin Corona Virus Disease (COVID-19). Hal ini menyusul sudah adanya vaksin COVID-19 di Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara, yang siap didistribusikan ke Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Minahasa dr Maya Rambitan MKes, Selasa (05/01 sore mengatakan, Nakes merupakan tahap pertama pemberian vaksin gratis oleh pemerintah, dari tiga tahap yang direncanakan.

Namun kata dia, dari jumlah itu, bisa saja belum semua di vaksin, karena pemberian vaksin ini harus melalui proses screening lebih dulu.

“Besok kita mulai screening. Bisa saja dari jumlah itu ada Nakes yang belum bisa divaksin karena mungkin memiliki penyakit kronis. Yang punya penyakit kronis itu otomatis tidak boleh divaksin,” kata Rambitan.

“Usai Nakes divaksin pada tahap pertama, akan disusul petugas pelayanan publik pada tahap kedua dan masyarakat umum pada tahap ketiga,” tambah Rambitan.

Pemkab Minahasa saat ini kata Rambitan, masih berkoordinasi dengan Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 dan Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara, terkait vaksinasi ini

“Kita masih berkoordinasi dan menunggu petunjuk Satgas Pemprov Sulut, kapan pendistribusian vaksin dan pemberian vaksinasi tahap pertama. Untuk tempat khusus pemberian vaksin sudah kami siapkan,” ujarnya.

Informasi diperoleh bahwa vaksin Covid-19 dikabarkan telah tiba di Manado, Selasa tadi melalui Terminal Cargo Bandara Internasional Sam Ratulangi.

“Ya, tadi sesuai info sudah tiba vaksinnya. Kami juga sudah rapatkan dengan Satgas Provinsi, jadi untuk vaksin tiba di Minahasa kita masih menunggu keputusan Satgas Covid-19 Sulut,” tukas Rambitan.

Sementara, Ketua Satgas COVID-19 Minahasa DR Denny Mangala MSi menambahkan, untuk pemberian vaksin akan dikawal sesuai aturan pendistribusian. Pada tahap satu, diprioritaskan bagi Nakes. Tahap kedua bagi TNI/Polri serta Aparatur Sipil Negara (ASN) yang terlibat langsung dengan pelayanan kepada masyarakat.

“Yang pasti, penyaluran vaksin ini akan sesuai petunjuk provinsi dan Satgas Covid-19 pusat. Dengan harapan vaksin ini mampu menekan penyebaran COVID-19,” pungkasnya.(fernando lumanauw)

Leave a Reply