125 PPK se Minahasa Untuk Pilgub Sulut Resmi Menjalankan Tugas

Minahasa – Tahapan seleksi telah usai, kini 125 Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) terpilih untuk Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub) Sulawesi Utara (Sulut) tahun 2020, di Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Minahasa, resmi menjalankan tugas, usai dilantik Sabtu (29/02) siang, di BPU Tondano.

125 anggota PPK dari 25 Kecamatan ini diambil sumpah/ janji dan dilantik langsung oleh Ketua KPU Minahasa Lord Arthur Ch Malonda SPd.

Usai melantik para PPK ini, Malonda mengatakan bahwa perekrutan Anggota PPK untuk Pilgub Sulut 2020 ini, membutuhkan waktu yang cukup panjang. Dia pun berharap, Anggota PPK yang sudah dilantik ini kiranya dapat menjalankan tugas sebaik-baiknya sebagai penyelenggara di tingkat Kecamatan.

“Dari 355 orang yang mendaftar sejak awal pendaftaran dibuka, 125 berhasil lolos. Mohon amanat dan kepercayaan yang sudah diberikan ini dijaga baik-baik dan diperjuangkan, karena perekrutan ini melalui proses yang sangat panjang. Bekerjalah dengan penuh integritas,” pinta Malonda.

Lanjut kata dia, KPU Minahasa akan merekrut 810 Anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) di tingkat Desa dan Kelurahan, untuk bertugas pada Pilgub Sulut 2020 ini. Dirinya meminta semua PPK agar merekrut PPS yang memiliki rekam jejak yang baik dan tidak berafiliasi pada Partai Politik (Parpol).

“Jangan cari calon PPS yang tidak independen. Karena, bila ada yang mendaftar kemudian ada tanggapan masyarakat dan kemudian tanggapan masyarakat tersebut terbukti, maka secara otomatis calon langsung digugurkan,” tagas Malonda, sembari menyampaikan selamat kepada 125 PPK yang baru saja dilantik.

Sementara, Ketua Divisi Hukum Komisioner KPU Minahasa Rendy Suawa SH mengatakan, proses pelantikan telah dilaksanakan, namun ini belum final. “Ini adalah awal kerja kita, nanti finalnya kalau kita sudah menjalankan tugas hingga selesai penyelenggaraan,” ujarnya.

Dia lalu mengajak semua PPK bekerja keras mensukseskan Pilgub Sulut 2020 ini, dengan saling menopang satu sama lain. “PPK dalam melaksanakan tugas saya minta punya integritas karena, sebab itu hal prinsip bagi penyelenggara Pemilu,” pungkasnya.

Pelantikan ini sendiri dihadiri Kepala Kesbangpol Minahasa Ir Jani Moniung, mewakili Bupati Minahasa, Sekretaris KPU Sulut Pudji Astuti, Komisioner Khristoforus Ngantung SFils, Lidya Malonda dan Piter Maweikere, Sektretaris KPU Minahasa Meidy Malonda, Ketua Bawaslu Minahasa Rendy Umboh serta Forkopimda Minahasa dan para Rohaniwan.(fernando lumanauw)

Leave a Reply