130 Pelajar SMK PPD Jayapura Lakukan Praktek Kerja di Minahasa

Minahasa – Sebanyak 130 siswa/siswi SMK Pertanian Pembangunan Daerah (PPD) Jayapura kelas III, Semester V, tahun ajaran 2018-2019, terhitung Selasa (17/07), melakukan praktek kerja usaha di Kabupaten Minahasa.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Minahasa Ir Subhan Torar mengatakan, para Pelajar asal Jayapura ini akan melakukan praktek di 5 Kecamatan yakni, Tondano Selatan, Tondano Utara, Tompaso Barat, Kawangkoan dan Kawangkoan barat.

”Mereka akan melakukan praktek 45 hari, dan ini waktu yang cukup panjang. Untuk itu, saya berharap para pelajar ini bisa mempelajari proses penanaman sampai panen, pengolahan sampai budidaya,” ujarnya.

Sementara, Kepala SMK PPD Jayapura Joice Ongge mengatakan, praktek kerja usaha seperti ini setiap tahun dilaksanakan diluar Provinsis Papua dan ini kali yang kedua akan dilaksanakan di Provinsi Sulawesi Utara.

”Sayur-mayur seperti seperti wortel, buncis, kol dan rempah-rempah yang kami konsumsi semua datang dari Sulut, makanya kami berkeinginan belajar di Sulut. Tujuannya, agar para pelajar SMK PPD ini bisa mendapat wawasan yang luas dibidang pertanian di Sulur yang memang sengaja dipilih Provinsi, lebih khusus Minahasa, karena kami juga mengikuti perkembangan melalui media sosial bahwa bidang pertanian di Sulut memang pertumbuhannya begitu pesat,” pungkasnya.(fernando lumanauw)

Leave a Reply