183 Napi Lapas Kelas IIB Papakelan Tondano Dapat Remisi HUT RI ke-72

Minahasa – Sebanyak 183 nara pidana (Napi) di Lembaga Pasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Tondano, di Kelurahan Papakelan Kecamatan Tondano Utara, dapat remisi dari pemerintah, dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) Proklamasi Repoblik Indonesia (RI) ke-72, Kamis (17/08).

Ke-183 Napi yang menerima remisi pada upacara pemberian remisi dengan Inspektur Upacara Bupati Minahasa Drs Jantje Wowiling Sajow MSi ini, terdiri dari 179 Napi remisi umum satu, 2 Napi remisi umum dua dan 4 orang Napi terima remisi bebas.

Bupati JWS saat membacakan sambutan Menteri Hukum dan Ham Yasona Laoli mengatakan, demi mewujudkan cita cita kemerdekaan q tanggung jawab bersama untuk bekerja dan sama-sama bekerja termasuk warga binaan kemasyaratan yang yang ada di lapas Tondano ini.

”Negara dituntut untuk mengedepankan program pembinaan, salah satu yang di harapkan dapat menstimulir setiap Napi agar mampu menyesuaikan diri dan kembali ke masyarakat dan ikut berperan aktif dalam pembangunan, ” kata JWS.

Lanjut dukatakannya, atas nama pemerintah, dirinya mengucapkan terima kasih kepada Napu yang telah menunjukan prestasi dedikasi dan disiplin dalam mengikuti program pembinaan dengan baik serta telah memenuhi persyaratan yang ditentukan. Menurutnya, pemberian remisi yang diberikan ini bukan saja di dapat dengan mudah dan bukan saja bentuk kelonggaran agar narapidana dapat bebas dengan muda, namun mempunyai tanggung jawab terus memenuhi kewajiban untuk ikut dalam program pembinaan dan pemberian remisi dapat juga mengurangi tingkat depresi sehingga dapat meminimalisir gangguan keamanan dan ketertiban lapas dari Perkelahian, pelarian dan kerusuhan dilapas.

”Bagi yang mendapat remisi saya mengucapkan selamat, dan bagi yang bebas saya berpesan berjanjilah pada diri anda sendiri untuk tidak mengulangi perbuatan yang melanggar hukum berbaktilah bagi keluarga dan jadilah anggota masyarakat yang baik serta jadilah insan yang taat hukum serta berahlak mulia,” tukasnya.

Sementara Kepala Lapas Teguh Imanto mengharapkan, agar para terpidana yang mendapat remisi bebas ditahun ini kiranya dapat kembali berbaur dengan masyarakat yang ada sambil mengaplikasikan akan setiap pengarahan serta bimbingan yang didapat selama berada di lapas Tondano.

Hadir dalam upacara remisi ini Para Asisten Setdakab Minahasa, Kepala Bagian, Kepala Dinas, Camat Se Tondano Raya. (fernando lumanauw)

Leave a Reply