19 Kumtua Bingung, Pencairan ADD 2013 Di ‘Anaktirikan’

Bupati Minahasa, Jantje Wowiling Sajow (JWS) saat irup HUT Minahasa

Bupati Minahasa, Jantje Wowiling Sajow (JWS) saat irup HUT Minahasa

Minahasa – Sebanyak 19 Hukum Tua (Kumtua) di Kecamatan Sonder, merasa dianak tirikan. Pasalnya, ditengah ratusan Desa lainnya di Kabupaten Minahasa mulai menikmati anggaran dana desa (ADD) Tahun 2013 untuk pembangunan infrastruktur Desa, di Desa 19 Kumtua ini memimpin, ADD belum juga dicairkan hingga kini.

“Ada Desa yang justru sudah masuk tahap dua pencairan, sedangkan Desa kami belum juga ada pencairan tahap pertama hingga kini, kenapa bisa seperti ini,” ujar Kumtu Desa Sendangan Kecamatan Sonder, Edy Rampi.

Senada diungkap Kumtua Desa Kauneran Kecamatan Sonder, Frangky Keintjem. Menurutnya, sejumlah hingga kini belum menerima ADD 2013, padahal Tahun anggaran 2013 segera berakhir.

“Kami sering ditanyai perangkat dan masyarakat di Desa, kenapa Desa-desa lain sudah dicairkan sementara Desa kami tidak ada tanda-tanda pencairan. Kami bingung harus jawab apa,” ujarnya.

Terpisah, Camat Sonder, Samuel Roeroe SSTP, ketika ditemui untuk dikonfirmasi terkait hal ini mengatakan, pencairan ADD bagi Desa di Kecamatan Sonder, pada pecan depan, sehingga para Kumtua diminta bersabar.

“Menurut informasi dari Pemkab Minahasa, pencairan untuk Kecamatan Sonder akan dilakukan pecan depan dan akan langsung dicairkan dua tahap,” terang Roeroe.

Sementara, Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa Kabupaten Minahasa, Jefry Sumendap Sajow SH, ketika ditemui CSN, Jumat (22/11), mengatakan, pihaknya sementara memproses pencairan untuk Kecamatan Sonder, dan dalam waktu dekat segera dicairkan.

“Sebelumnya, prioritas pencairan yakni bagi Desa yang sudah lengkap berkas, yang belum lengkap tentunya belakangan, tapi tetap akan dicairkan,” ujarnya.(fernando lumanauw)

Leave a Reply