19 Pejabat Eselon II Pemkab Minahasa Ikut Talent Mapping Jabatan Pimpinan Tinggi, Wabup RD: Saya Minta Tidak Ada Intervensi

Minahasa – Sebanyak 19 Pejabat Eselon II di Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa, mengikuti Talent Mapping Jabatan Pimpinan Tinggi, bertempat di Aula Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Minahasa, Selasa (04/12) pagi hingga sore.

Acara ini dibuka oleh Wakil Bupati Minahasa Robby Dondokambey SSi. Dalam sambutannya, beliau mengatakan bahwa, pelaksanaan kegiatan Talent Mapping atau Pemetaan Kompetisi Pegawai bagi pejabat pimpinan Tinggi Di Lingkungan Pemkab Minahasa ini dipandang penting untuk penempatan pegawai berdasarkan “The Right Man On the right Place”, yang mana menurutnya, ini sesuai juga dengan Undang-undang nomor 05 tahun 2014, tentang Aparatur Sipil Negara (ASN) yang menyebutkan bahwa penempatan ASN harus berdasarkan pada kualifikasi, kompetensi dan kinerja secara adil dan wajar dengan tanpa membedakan latar belakang politik, ras, warna kulit, agama, asal usul, jenis kelamin, status pernikahan, ataupun kondisi kecacatan.

“Asesmen kompetensi ini utamanya adalah, untuk melakukan penilaian terhadap kompetensi manajerial yang dimiliki oleh para pejabat pimpinan tinggi. Hasil asesmen ini dapat dijadikan dasar untuk melakukan penempatan. Untuk itu saya sangat berharap tidak ada intervensi maupun tindakan untuk mempengaruhi hasil yang akan dicapai,” tukasnya.

Lanjut dikatakannya, sejalan dengan upaya membentuk sosok ASN yang profesinal, kehadiran sebuah pemetaan kompetensi merupakan salah satu metode untuk menjembatani kesenjangan antara kemampuan riil Aparatur dengan kompetensi jabatan yang disyaratkan untuk menjamin objektivitas, transparansi, akuntabilitas dan kredibilitas hasil.

Maka dalam kegiatan asesmen ini, kata Wabup RD, pihak BKPSDM Kabupaten Minahasa wajib melakukan kerjasama dengan lembaga berkompetensi, dalam hal ini Universitas Negeri Manado yang diyakini memiliki kompetensi dan kredabilitas dalam melaksanakan aseamen.

“Untuk itu saya menyambut baik dan memberikan apresiasi terhadap pelaksanaan kegitan ini, disertai ucapan terimakasih kepada semua pihak yang telah terlibat langsung pada kegiatan ini,” kata Wabup RD.

Dukatakan Wabup lagi, Pemkab Minahasa lewat Visi Minahasa maju dalam ekonomi dan budaya, berdaulat,adil dan sejahtera, telah mengejawatahkan lewat salah satu misi yakni meningkatkan pembangunan sumber daya manusia yang berbudaya dan berdaya saing serta ditopang nawa cita yakni Pemerintahan yang bersih dan terpercaya dengan program unggulan mendorong profesionalitas Pegawai Negeri Sipil, kiranya akan tercapai dengan kegiatan-kegiatan positif seperti saat ini.

“Saya yakin potret kemampuan manejerial seseorang dapat diketahui dan diprediksi, apakah seseorang berkompeten dalam mengemban jabatannya lewat kegiatan ini akan memudahkan kami untuk penempatan Jabatan. Kepada Panitia Penyelenggara dan Tim Asesor, selamat bekerja dan bertugas, serta untuk para peserta agar dapat mengikuti kegiatan ini dengan sungguh sungguh sehingga apa yang diperoleh selama pelaksanaan kegiatan dapat menunjukkan potensi yang dimiliki para peserta. Doakan yang dikerjakan, kerjakan yang didoakan, percaya diri dan lakukan yang terbaik akan menjadi kunci sukses dalam mengikuti kegiatan ini,” pungkasnya.

Kegiatan ini dihadiri Dosen IAKN Manado Dr Max G Ruindungan MPd sebagai Assesor, Kepala BKPSDM Drs M Lutvy Rumate MSi dan 19 Peserta Talent Mapping Jabatan Pimpinan Tinggi di Lingkungan Kabupten Minahasa.(fernando lumanauw)

Leave a Reply