2015 Seluruh Puskesmas di Mitra Harus Terakreditasi

Mitra-Demi meningkatkan pelayanan kesehatan yang baik untuk masyarakat maka Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) di bawah komando Bupati James Sumendap mulai berbenah, dengan mengikutsertakan Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) di daerah ini menjadi terakreditasi.

Demikian diungkapkan kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Mitra Dr Rinny Tamuntuan,kepada wartwawan.

Menurut Tamuntuan,saat ini Dinkes Mitra ingin menjadikan semua Puskemas di daerah Mitra terakreditasi. Hanya saja, diakui Tamuntuan, hal itu tak bisa dilakukan secara serentak, melainkan harus dilakukan secara bertahap.

“Dalam hal ini, kita bekerjasama dengan pihak Dinkes Provinsi untuk gelar akreditasi.Dan pastinya kita akan lakukan secara bertahap,” ujarnya.

Dia menyebutkan, untuk sementara ini ada dua puskesmas yang akan diuji untuk proses akreditasi. Yakni, Puskesmas Ratahan serta Belang. Dia beralasan,karena dua puskesmas itu yang paling banyak melayani masyarakat.

“Nanti akan disusul dengan puskesmas yang ada dikecamatan lain didaerah ini,” terangnya.

Dia berencana,tahun 2015 semua puskesmas didaerah ini sudah melayani masyarakat dengan predikat terakreditasi. Artinya, tidak ada keluhan masyarakat lagi terkait pelayanan kesehatan.

“Sebab lewat terakreditasinya puskemas, berarti pelayanannya tidak diragukan lagi. Karena sudah tersedia tenaga medis yang handal,” tutupnya.(Alfian Jay)

Leave a Reply