2016 Kejati Sulut Selamatkan Rp1,9 M Uang Negara

Manado – Praktek korupsi di Bumi Nyiur Melambai semakin lama semakin memprihatinkan. Hal itu dilihat dari angka penanganan kasus yang semakin meningkat. Dimana selang tahun 2016, pihak Kejaksaan Tinggi (Kejati) Sulut berhasil menangani atau mengungkap 45 kasus dugaan korupsi.

Dalam pengusutan perkara tersebut, personil Kejati besutan TM Syahrizal SH MH berhasil menyelamatkan Rp1,9 miliar uang negara yang nyaris ditelip para koruptor. (Baca juga : Kajati Sulut Tuntut Anggota Lebih Gesit Ungkap Kasus http://cybersulutnews.co.id/kajati-sulut-tuntut-anggota-lebih-gesit-ungkap-kasus/)

“Kasus yang ditangani dari Januari hingga Desember ini ada 45 perkara kasus. Dalam pengusutan yang kami lakukan, sudah ada 30 kasus yang kita eksekusi. Kalau uang yang berhasil diselamatkan berjumlah Rp1,9 miliar. Ini merupakan kinerja kami yang dijadikan secara totalitas. Ini kontribusi dari kita,” terang Kajati, Jumat pecan lalu kepada sejumlah wartawan.

Ia pun meminta kepada pemerintah, untuk meningkatkan dana DIPA Kejati dan jajaran. Pasalnya Syahrizal menilai, dana yang sudah diberikan dalam pengungkapan setiap kasus baik itu pidana umum, maupun kasus-kasus pidana khusus belum mencukupi.

“Mudah-mudahan anggaran (DIPA) kami ditambah. Kami sangat-sangat dibatasi. Sedangkan dalam pengungkapan kasus di Kejari-Kejari, ada yang melebihi target. Tapi kami tidak melihat itu (anggaran DIPA). Sebab, semua kinerja harus dipertanggungjawabkan. Dalam pengungkapan kasus ada yang belum kami tahan tersangkanya. Itu kasus pegadayan, tersangkanya DPO. Mudah-mudahan dalam waktu dekat ini bisa ditangkap,” paparnya.

Dijelaskan pula kalau pihaknya akan terus membongkar semua praktek korupsi di Sulut yang sudah banyak merugikan keuangan negara. (jenglen)

Leave a Reply