450 RTLH dari 11 Kelurahan di Tondano Raya Bakal Direnovasi

Minahasa – Sebanyak 450 unit rumah tidak layak huni (RTLH) di Kabupaten Minahasa, yang diusulkan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa melalui Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Minahasa, ke Kementiran Perumahan Rakyat (KPR), untuk mendapat bantuan renovasi segera terealisasi, menyusul diterimanya pengusulan tersebut oleh KPR September lalu, dari sekitar 803 RTLH yang diusulkan.

“Dari 803 RTLH yang diusulkan, KPR mengakomodir sebanyak 450 unit RTLH berasal dari 11 Kelurahan yang ada di Kecamatan Tondano Raya. Ini hasil survei yang dilakukan konsultan dari KPR beberapa waktu lalu di Minahas, sehingga dipastikan tahun 2015 mendatang ke-450 RTLH ini akan mendapat biaya renovasi sebesar Rp 7,5 juta per unit, tergantung kerusakan,” terang Kepala Dinas PU Minahasa melalui Kepala Bidang Perumahan dan Penanganan Kemiskinan Dinas PU Minahasa, Teddy Lumintang ST, kepada CSN, Kamis (06/11).

Sebelumnya, sebanyak 803 RTLH tersebut telah diusulkan pihaknya sejak Mei 2014 silam, sebagai bulan pengusulan, untuk dapat diakomodir pada APBN tahun 2015 mendatang. Dari 803 RTLH di 15 Desa dan 6 Kelurahan yang diusulkan, hanya 11 Kelurahan yang diakomodir.

Sementara, bantuan stimulan perumahan swadaya ini, merupakan program untuk peningkatan kualitas perumahan tidak layak huni dari KPR kepada masyarakat miskin, dengan kategori kerusakan ringan, sedang dan berat. Sedangkan yang masuk dalam komponen kelayakan untuk direnovasi yakni atap, lantai dan dinding.(fernando lumanauw)

Leave a Reply