54 Calon PPK KPU Minahasa Gugur Dalam Tes Tertulis

Minahasa – Sebanyak 54 Calon Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) pada Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Minahasa, untuk Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub) Sulawesi Utara tahun 2020, gugur dalam tes tertulis, Senin (03/02), bertempat di gedung Wale Ne Tou Tondano.

Ketua KPU Minahasa Lord Arthur Malonda SPd mengatakan, ada 304 peserta yang ikut tes tertulis hari ini. Dari hasil yang diperiksa secara bersama-sama dan dilakukan secara transparan, ada 54 diantaranya yang dinyatakan tidak lulus.

“Kita menyediakan 100 soal pilihan yang meliputi syarat calon perseorangan, penghitungan dan rekapitulasi, tahapan dan program, serta tugas PPK dan kewilayahan. Waktu yang diberikan untuk dijawab peserta 90 menit, kemudian mengambil 10 peserta teratas berdasarkan ranking,” terang Malonda.

Lanjut kata Malonda, 10 peserta calon PPK yang lolos tes tertulis, akan melanjutkan pada sesi tes wawancara, yang akan dilaksanakan 9-11 Februari 2020.

“Nantinya, dari tes wawancara ini, akan mencari limabteratas untuk duduk sebagai PPK terpilih. Materi wawancara berkaitan dengan tugas dan wewenang PPK, serta rekam jejak para calon PPK dan kepemiluan yang dilihat dari daftar riwayat hidup, serta tanggapan masyarakat,” ujarnya.

Sementara, seleksi tertulis ini dipantau langsung Komisioner KPU Sulut Meidy Y Tinangon MSi, selaku Kordinator Wilayah Minahasa, Ketua Bawaslu Minahasa Rendy Umboh dan Anggota Erwin Sumampouw, serta para Panitia Pengawas Kecamatan.(fernando lumanauw)

Leave a Reply