Advetorial: Pencanangan Pesona Minahasa 2018 dan Pentas Seni Budaya Minahasa Serta Karnaval Bendi Hias Festival Benteng Moraya Sukses Digelar

Minahasa- Pentas Seni Budaya Minahasa dan Karnaval Bendi Hias Festival Benteng Moraya tahun 2018, yang dilaksanakan di Monumen Benteng Moraya dan berakhir di Taman God Bless Minahasa, Lapangan DR Sam Ratulangi Tondano, Jumat (09/02) sore, berlangsung sukses.

Bupati JWS saat membawakan sambutan sekaligus membuka dan mencanangkan Pesona Minahasa 2018.

Kegiatan sekaligus pencanangan Pesona Minahasa 2018, program Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa, melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Minahasa ini, dibuka dan dicanangkan secara resmi oleh Bupati Minahasa Drs Jantje Wowiling Sajow MSi, yang sebelumnya diawali dengan laporan kegiatan oleh Kepala Disbudpar Minahasa Agustifo Tumundo SE MSi.

“Pencanangan Pesona Minahasa 2018, sekaligus pembukaan Festival Benteng Moraya ini akan menjadi awal dari seluruh rangkaian kegiatan Disbudpar Minahasa dalam mengangkat kebudayaan dan patiwisata di Minahasa,” terang Tumundo.

Pentas Seni dan Budaya, Tarian Maengket.

Sementara, Bupati JWS dalam sambutannya mengatakan, siapapun pemimpin Minahasa nanti, Festival Benteng Moraya harus dilakukan setiap tahun. Menurut JWS, kegiatan ini sebagai arena untuk mementaskan kebudayaan dan pariwisata yang menjadi khas Minahasa, dimana orang nanti akan melihat kekayaan budaya dan patiwisata di Minahasa.

“Terima kasih kepada Disbudpar yang sudah menyelenggarakan kegiatan ini. Festival ini akan dilaksanakan setiap tahun, ini merupakan arena budaya yang harus dilestarikan sehingga orang-orang dapat melihat tarian, musik bambu dan kesenian lainnya yang menjadi khas budaya Minahasa,” kata JWS sembari juga mengapresiasi Satuan Kerja Perangkat Daerah, serta BUMD dan Perbankan di Minahasa yang sudah turut serta mengambil bagian pada kegiatan saat ini.

Bupati JWS bersama Ketua TP PKK Minahasa Dr Olga Sajow Singkoh bersama cucu saat ikut serta sebagai peserta dalam Karnaval Bendi Hias 2018.

“Kita bersyukur Karnaval Bendi Hias ini disambut dengan penuh sukacita oleh masyarakat Minahasa. Diharapkan kedepan Festival seperti ini akan terus ditingkatkan dan wisata di Minahasa semakin maju dan berkembang,” pungkasnya.

Adapun pemenang dalam acara Karnaval Bendi Hias ini yakni, juara pertama diraih Dinas Perdagangan Minahasa dan mendapatkan Trophy tetap Bupati Minahasa serta uang tunai Rp 5.000.000. Juara kedua diraih Inspektorat Kabupaten Minahasa dan mendapatkan Trophy tetap Wakil Bupati Minahasa serta uang tunai Rp 3.000.000, kemudian juara tiga diraih Rumah Sakit Umum Daerah DR Sam Ratulangi Tondano dan mendapatkan Trophy tetap Sekretaris Daerah Minahasa dan uang tunai Rp 2.000.000.

Bendi Hias milik Dinas Perdagangan Minahasa yang meraih juara pertama.

Kegiatan ini sendiri turut dihadiri Wakil Bupati Minahasa Ivan SJ Sarundajang, Ketua TP PKK Kabupaten Minahasa DR Olga Sajow Singkoh MHum, Wakil Ketua TP PKK Jashinta Sarundajang Paat, Dandim 1302 Minahasa Letkol Inf Jubert Nixon Purnama STh, Kepala Kejaksaan Negeri Tondano Saptana Setya Budi SH MH, Kapolres Minahasa AKBP Christ R Pusung SIK, Sekretaris Daerah Minahasa Jeffry Robby Korengkeng SH MSi, para Asisten Sekretariat Daerah Kabupaten Minahasa, Wakil Ketua Badan Pengurus Majelis Sinode GMIM Pdt DR Hein Arina, Ketua Forum Komunikasi Antar Umat Beragama Minahasa Pdt Evert Tangel STh MPdk, serta jajaran Pemkab Minahasa dan peserta Karnaval Bendi Hias.(fernando lumanauw)

Leave a Reply