Advetorial: Puncak Acara “Asia Easter Celebration 2018” di Minahasa Berlangsung Sukses dan Meriah

Minahasa – Acara puncak Perayaan Paskah International atau “Asia Easter Celebration” tahun 2018, dengan tema “Lord, send Your Light and Truth to lead us”, di Kabupaten Minahasa Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), yang dipusatkan di Stadion Maesa Tondano, Minggu (08/04) siang, berlangsung sukses dan meriah, yang diawali “Celebrasi Opening” oleh ratusan pemuda dan pemudi gereja, memasuki lapangan Stadion Maesa Tondano.

Para peserta dan tamu undangan kemudian disambut dengan ucapan selamat datang oleh Penjabat Bupati Minahasa Drs Royke Herkules Mewoh DEA, untuk mengikuti “Asia Easter Celebration 2018” ini.

“Dipercayakannya Minahasa sebagai lokasi pelaksana kegiatan ini, merupakan kebanggaan bagi masyarakat Kabupaten Minahasa. Untuk itu, kami telah berkomitmen mensykseskan acara ini,” ujar Mewoh, yang kemudian dilanjutkan dengan laporan kegiatan oleh Ketua Umum Panitia Ir Rita M Dondokambey-Tamuntuan.

Selanjutnya masuk pada ibadah perayaan, dimana sebagai Liturgos Sekretaris Umum Badan Pekerja Majelis Sinode (BPMS) GMIM Pdt Evert Tangel STh MPdk dan Khotbah oleh Pdt Dr Henriette H Lembang selaku Ketua MPH Persatuan Gereja Indonesia.

Pdt Henriette Lembang dalam pembacaan Firman Tuhan yang terambil dalam Alkitab di Kitab Efesus 5:8-11, dalam inti khotbahnya, mengajak semua umat yang percaya kepada Tuhan agar hidup dalam terang kebenaran Tuhan serta menjadi berkat, karena kita manusia telah ditebus oleh darah-Nya.

“Kita semua ciptaan Tuhan, kita semua bersaudara, kita dipanggil Tuhan untuk meninggalkan kejahatan kepada terang, kita dipanggil untuk berbuat kebaikan dan menjadi berkat serta kesaksian bagi banyak orang. Berubah dari tidak perduli kepada orang lain menjadi orang yang memiliki kasih. Mari berdamai dengan siapa saja agar supaya ada damai sejahterah diantara kita,” ujarnya.

Pesan Paskah kemudian disampaikan oleh Dr Mathews George Chunakara yang adalah General Secretary Of The Christian Conference Of Asia, dimana beliau mengajak seluruh pemuda Kristen Asia dapat memaknai Paskah tahun ini dengan pemberian diri kepada Tuhan.

Selanjutnya juga, acara yang turut diselingi lagu pujian oleh Juara Indonesia Idol 2004 Joy Tobing dan Juara Indonesia Idol 2012 Regina Ivanova ini, diisi sambutan oleh Ketua Pemuda Sinode GMIM dr Pricilia T Tangel, yang pada intinya mengajak pemuda menjauhi narkoba dan seks bebas serta tangkal penyebaran hoax, dan Ketua BPMS GMIM Rev Dr Hein Arina, yang pada intinya mengajak pemuda Kristen melayani Tuhan.

Kemudian, Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Repoblik Indonesia Dr Yasonna H Laoli SH MSc PhD dalam sambutannya mengatakan bahwa, peringatan Paskah hari ini merupakan peringatan bagi umat manusia, dimana kemenangan bagi Yesus Kristus atas Dosa manusia.

“Saya mendapat kehormatan bisa kembali merayakan Paskah di Minahasa tahun ini. Mari kita hayati dan maknai Paskah ini dengan memberikan diri kita untuk melayani Tuhan, karena Yesus Kristus telah rela mati bagi kita dengan mengorbankan diri-Nya sendiri bagi dosa-dosa kita,” kata Laoli.

“Sebagai umat manusia, Tuhan telah menggantikan kita dengan pengorbanan Anak-Nya yang tunggal, maka kita harus menjadi saksi dan teladan bagi sesama manusia,” pungkasnya, yang selanjutnya melepas Celebrasi Pawai Paskah bersama Gubernur Olly Dondokambey.

Turut hadir dalam acara yang diikuti 24 Negara Asia ini, Duta Besar RI untuk Serbia Harry RJ Kandou, Dirjen Imigrasi Kementrian Hukum dan HAM RI Ronny F Sompie SH MH, Gubernur Sulut Olly Dondokambey SE, Wakil Gubernur Sulut Drs Steven OE Kandouw, Wakil Ketua TP-PKK Sulut dr Devi Kartika Tanos, The Firs Youth Secretary CCA Dr Soritua AE Nababan SE bersama isteri, Sekjen CAA Dr Matthew Cunakara, Moderator CCA Bishop Dr Willem TP Sumarmata, Forkopimda Sulut dan Minahasa, jajaran Pejabat Pemprov Sulut dan Pemkab Minahasa, serta Partisipan Asian Easter Celebration dari berbagai negara.(fernando lumanauw)

Leave a Reply