Advetorial: Wabup RD Hadiri Temu Karya Nasional Gelar TTG ke-XX dan PINDesKel 2018 di Bali

Minahasa – Wakil Bupati Minahasa Robby Dondokambey SSi, disampingi isteri, Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Minahasa Martina Dondokambey-Lengkong, menghadiri Temu Karya Nasional Gelar Teknologi Tepat Guna (TTG) XX dan Pekan Inovasi Perkembangan Desa/ Kelurahan (PINDesKel) tahun 2018, yang dilaksanakan di Garuda Wisnu Kencana (GWK) Cultural Park Kuta Selatan, Kabupaten Badung Provinsi Bali, Jumat 19 Oktober hingga Minggu 21 Oktober mendatang.

Kegiatan yang merupakan acara tahunan yang diadakan oleh Ditjen Bina Pemerintahan Desa (PMD) Kementerian Dalam Negeri dan Kementerian Desa PDTT, dengan tujuan untuk mencari kreator dan inovator di daerah dalam pengembangan teknologi ini, dibuka langsung oleh Presiden Repoblik Indonesia Ir Joko Widodo, yang kala itu datang didampingi oleh Ibu Negara Iriana Jokowi.

Hadir dalam acara ini Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, Menteri Desa PDTT Eko Putro Sandjojo, Gubernur Bali I Wayan Koster dan beberapa kepala daerah dan pimpinan legislatif dari berbagai daerah Indonesia, termasuk didalamnya Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey SE, Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Sulut Ir Ritha Maya Dondokambey Tamuntuan, serta pemimpin daerah dan legislatif dari daerah lain di Indonesia.

Sedangkan, peserta dari Kabupaten Minahasa sendiri, selain Wabup RD dan isteri, juga turut serta yakni Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Minahasa Djefri Sumendap Sajow SH, Ketua Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Minahasa Seeve Korengkeng-Warouw, Sekretaris PMD Minahasa Ronald Rundengan, Camat Tondano Selatan Robert Ratulangi SPd, Camat Tompaso Barat Stefri Pandey, para Hukum Tua yang Desa nya mendapat juara tingkat Kabupaten, seperti Hukum Tua di Tompaso Barat yakni Desa Tonsewer, Tonsewer Selatan, Pinabetengan Utara, Tompaso Dua Utara dan Pinabetengan.

Presiden Jokowi dalam sambutannya berbicara beberapa hal mengenai Desa dan Kelurahan, diantaranya soal rencana ketambahan Dana Desa dan alokasi dana untuk operasional di Desa sekitar 5 persen dari Dana Desa yang ada saat ini.

Sementara, Temu Karya Nasional ini juga merupakan wadah pemberian apresiasi dan penghargaan kepada juara lomba Desa dan Kelurahan, gelar TTG sebagai langkah strategi dalam penyebaran informasi berbagai teknologi yang dapat memberikan nilai tambah kepada masyarakat.

Sedangkan PINDesKel sebagai upaya strategi dalam penyebaran dan pemerataan informasi mengenai inovasi yang telah dilakukan di Desa/Kelurahan kepada masyarakat.

Usai acara pembukaan, dilanjutkan dengan peninjauan stand-stand pameran, termasuk yang dikunjungi adalah stand Provinsi Sulawesi Utara, termasuk di dalamnya Kabupaten Minahasa. Selain itu juga, Presiden menyinggung soal akan direalisasikannya dana bagj Kelurahan seperti Dana Desa.

Wabup RD berharap ajang ini sebagai ajang promosi daerah Minahasa ditingkat nasional juga sebagai studi tiru yang bisa dilakukan oleh para kepala desa untuk melihat Prukades Unggul dari daerah lain. “Kami berharap tentunya ada dampak positif dari acara ini bagi Kabupaten Minahasa,” ujarnya.(fernando lumanauw)

Leave a Reply