Akhir Triwulan I Tahun 2019, Pemkab Mitra Sudah Salurkan Rp 1,8 Miliyar Bantuan Sosial Duka

Mitra – Hingga memasuki akhir triwulan I tahun 2019 ini, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa Tenggara (Mitra) dibawah kepemimpinan Bupati James Sumendap SH dan Wakil Bupati Drs Jesaja JO Legi, telah menyalurkan dana duka kepada masyarakat mencapai Rp 1.841.000.000.

Komitmen Pemkab Mitra untuk terus membantu setiap lapisan masyarakat di Kabupaten Mitra tanpa terkecuali ini, sejak Januari hingga Maret sudah menyalurkan Bantuan Sosial Duka kepada 263 keluarga, dimana tiap keluarga yang mengalami duka cita mendapat Rp 7 juta.

Kepala Badan Keuangan Daerah (BKD) Kabupaten Mitra Mecky Tumimomor, melalui Bendahara Bantuan Sosial Andreas Rogahang mengatakan, dalam penyalurannya, Bantuan Sosial Duka ini diproses secepat mungkin agar keluarga yang berduka bisa langsung menerima bantuan tersebut.

“Tiap Desa dan Kelurahan telah dibagikan formulir isian. Bila terjadi peristiwa duka, Hukum Tua atau Lurah, tinggal mengisi nama orang yang meninggal dan siapa ahli warisnya. Formulir itu dibawah ke Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, untuk dilakukan verifikasi dan penerbitan Akte Kematian,” terang Rogahang.

Lanjut kata dia, bila sudah memiliki Akte Kematian, pihak Desa atau Kelurahan membawa Akte Kematian dan disposisi dari pihak Disdukcapil untuk proses pencairan Dana Bantuan Sosial Duka.

“Prosesnya tidak lama. Disdukcapil akan memprioritaskan penerbitan Akte Kematian. Begitupun BKD. Bila sudah lengkap berkas, langsung dilakukan proses pencairan,” pungkasnya.(fernando lumanauw)

Leave a Reply