Akses Buang Sampah Ke TPA Kulo Tondano Terhambat

Minahasa – Akibat perbaikan dan pelebaran ruas jalan dari Kelurahan Sasaran Kecamatan Tondano Utara menuju Desa Rumengkor Kecamatan Tombulu, akses pembuangan sampah ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Kulo terhambat.

Akibatnya, tumpukan sampah terjadi di sejumlah tempat di Kota Tondano, seperti lokasi pasar dan depan rumah-rumah penduduk dan mulai dikeluhkan.

Terkait hal ini, Kepala Dinas Pasar dan Kebersihan Kabupaten Minahasa, DR Christian Vicky Tanor MSi, kepada Cybersulutnews.co.id, Jumat (31/10), mengakui adanya gangguan ini, dan menyebabkan terjadinya tumpukan sampah dimana-mana.

“Memang sehubungan dengan adanya perbaikan jalan di TPA Kulo, untuk beberapa hari kedepan ini penanganan sampah di Tondano terjadi keterlambatan pengangkutan ke TPA, sehingga terjadi penumpukan-penumpukan sampah di beberapa lokasi,” terang Tanor.

Menghadapi kondisi ini, dirinya meminta kepada masyarakat agar meletakkan sampah yang belum sempat terangkut tersebut pada kantong-kantong plastik agar tidak berserakan sampai waktu pengangkutan dilakukan.

“Diharapkan kerjasama masyarakat untuk dapat meletakkan sampah-sampah tersebut di kantong-kantong plastik agar tidak berserakan,” ujarnya.

Atas ketidaknyamanan ini, Tanor kemudian meminta maaf kepada seluruh masyarakat.

“Kami memohon maaf yang sebesar besarnya kepada masyarakat Tondano,” ujarnya sembari tak lupa mengucapkan terima kasih atas pengertian dan kerja sama seluruh masyarakat Tondano.(fernando lumanauw)

Leave a Reply