Aktifitas Jual Beli di Pasar Tradisional Minahasa Dibatasi

Minahasa – Berbagai langkah dan upaya dilakukan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa, untuk mencegah dan memutus mata rantai penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) di Minahasa.

Kali ini, langka yang diambil Pemkab Minahasa yakni membatasi aktifitas jual beli di semua Pasar Tradisional yang ada di Kabupaten Minahasa, baik pasar besar maupun pasar kecil, berlaku sejak Selasa (24/03) hari ini, sesuai surat edaran Bupati Minahasa nomor 265/BM-111-2020, tentang jadwal operasional Pasar di Minahasa.

Gugus Tugas Penanggulanggan Covid-19 Minahasa yang diketuai Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Sekdakab Minahasa DR Denny Mangala MSi, didampingi Asisten Perkonomian dan Pembangunan Ir Wenny Talumewo, Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol-PP) Minahasa Meidy Rengkuan SH MAP, bersma aparat TNI-POLRI serta personil Satpol-PP, turun langsung mensosialisasikan hal ini ke Pasar-pasar, sekaligus melakukan pemantauan.

“Kami terus menghimbau kepada amasyarakat agar tetap mematuhi himbauan pemerintah tentang sosial distancing. Sebab, ini untuk kepentingan seluruh rakyat Minahasa, bukan untuk kepentingan pribadi,” kata Mangala.

Selain Pasar, usaha ritel pasar swalayan modern seperti Indomaret dan Alfamart, serta sejumlah toko milik masyarakat yang memenuhi syarat, juga diberi batasan jumlah kunjungan pembeli.

“Pemerintah memberikan rekomendasi toko-toko ini tetap dibuka agar dapat melayani masyarakat berbelanja, terutama untuk memenuhi kebutuhan bahan pokok sehari-hari. Namun, untuk jumlah pembeli tetap harus dibatasi dalam sehari, agar tidak terjadi kerumuna-kerumunan warga,” ujar Mangala sembari menambahakan bahwa, toko-toko yang mendapatkan rekomendasi ini tetap secara rutin akan dipantau dan dievaluasi pemerintah.

Adapun aktivitas Pasar Tradisional di Minahasa diatur sebagai berikut:
1. Pasar Tondano buka Rabu dan Sabtu
2. Pasar Sonder buka Selasa dan Jumat
3. Pasar Kawangkoan buka Kamis dan Sabtu
4. Pasar Langowan buka Selasa dan Sabtu
5. Pasar Tompaso buka Rabu
6. Pasar Remboken buka Kamis dan Sabtu
7. Pasar Tomabariri buka Rabu dan Sabtu
8. Pasar Kakas buka Jumat

Sumber: Dinas Perdagangan Kabupaten Minahasa.(fernando lumanauw)

Leave a Reply