Angkat Eceng Di Danau Tondano, Pemkab Minahasa Dapat Dukungan Lantamal VIII

Minahasa – Program Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa, Operasi Daerah Selamatkan Danau Kita, dengan tema “Lume’os in Lour Tondano”, yang tujuannya untuk menyelmatkan Danau Tondano dari ancaman gulma Eceng Gondok, terus menuai dukungan dari berbagai kalangan.

Kali ini, program Pemkab Minahasa dibawah pimpinan Bupati Minahasa Ir Royke Octavian Roring MSi dan Wakil Bupati Robby Dondokambey SSi MM ini, mendapat dukungam dari Lantamal VIII Manado, berupa peralatan kerja dan tenaga personel Lantamal.

Komandan Lantamal VIII Manado, Laksamana Pertama Gig Jonias Mozes Sipasulta MMar Stud, mengatakan, keterlibatan Lantamal VIII Manado dalam gotong royong mengangkat Exeng Gondok di Danau Tondano, sebagai bentuk dukungan terhadap kegiatan Pemkab Minahasa.

“Jadi kami bekerjasama dengan Pemkab Minahasa untuk atasi persoalan Eceng Gondok ini. Kita ketahui bersama bahwa, kepedulian terhadap masyarakat serta lingkungan merupakan salah satu wujud dari kerja nyata TNI, dengan tujuan membantu mensukseskan program pemerintah dalam menjaga kelestarian ekosistem wilayah perairan, guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat, serta memperkokoh kemanunggalan TNI dan Rakyat,” terang Sipasulta, saat pimpin upacara bersih-bersih Danau Tondano, Jumat (14/02) pagi, berlokasi di pinggir danau Desa Tasuka, Kecamatan Kakas.

Untuk itu, dirinya menyambut baik kegiatan bersih-bersih Eceng Gondok di Danau Tondano ini, karena merupakan wujud tanggungjawab dan kepedulian, serta kasih sayang seluruh masyarakat untuk dapat menjaga dan terus melestarikan kekayaan alam Sulawesi Utara, khususnya Danau Tondano.

“Danau Tondano merupakan salah satu dari 10 Danau Kritis Prioritas yang perlu di Revitalisasi.
Kami mengajak seluruh elemen masyarakat agar terus meningkatkan kepekaan dan kepedulian akan pentingnya menjaga dan melestarikan lingkungan, khususnya Danau Tondano, yang memiliki banyak manfaat, yang dapat menambah penghasilan masyarakat,” pungkasnya.

Sementara, Bupati ROR menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya, atas kebersamaan dan kepedulian seluruh elemen Lantamal VIII Manado, untuk turut membantu membersihkan Eceng Gondok yang ada di Danau Tondano.

“Ini merupakan wujud dukungan dan topangan Lantamal VIII terhadap salah satu Program Prioritas Pemkab Minahasa, yaitu Melestarikan Danau Tondano. Dihari kasih sayang ini, saya mengajak marilah kita saling mengasihi sesama, menyayangi alam ciptaan Tuhan, menyayangi lingkungan sekitar, termasuk didalamnya Danau Tondano,” kata Bupati.

Bupati lalu melaporkan kepada Danlantamal VIII bahwa, tanggal 6 Januari 2020 yang lalu, Pemkab Minahasa bersama Forkopimda Minahasa, telah menggelar Apel Perdana Awal Tahun 2020 dilokasi pinggir Danau Tondano bersama seluruh ASN, TNI, Polri, dan pimpinan agama, sekaligus mencanangkan Pelestarian Danau Tondano dengan tema “Lume’os in Lour Toudano”.

“Pemkab Minahasa juga sedang dalam persiapan tempat pelaksanaan Latihan Integrasi Taruna Wreda XL, yang sedianya akan diikuti oleh 200-an peserta yang akan dilaksanakan pada bulan April 2020 mendatang,” pungkasnya.(fernando lumanauw)

Leave a Reply