Angkat Eceng Gondok di Danau Tondano, Sekda Sorongan: Kedepan Akan Lebih Orang

Minahasa – Pasca dicanangkan Bupati Minahasa Ir Royke Octavian Roring MSi, secara serentak seluruh elemen masyarkat Kabupaten Minahasa, TNI dan Polri, serta Aparatur Sipil Negara dan Tenaga Harian Lepas di jajaran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa, Jumat (10/01), turun langaung ke Danau Tondano angkat Eceng Gondok.

Sekretaris Daerah Kabupaten Minahasa Ir Ronald Sorongan MSi mengatakan, pengangkatan Enceng Gondok diharapkan akan memotivasi seluruh masyarakat Minahasa untuk juga terlibat langsung.

Menurutnya, saat ini bahkan sejumlah Ormas, Organisasi Gereja, Perbankan, pelaku usaha dan komponen masyarakat lainnya juga turut serta.

“Ada 194 titik yang serentak bergerak hari ini, yang melibatkan ribuan personil, mulai dari TNI, Polri, ASN, THL, serta Ormas, Organisasi Gereja dan masyarakat umum dari 27 Desa yang tersebar di 7 Kecamatan. Saya berharap, kedepan akan lebih banyak lagi masyarakat yang terlibat turun langsung,” ujarnya.

Ditambahkan Sorongan, Nanti akan diperlukan peralatan penunjang karena kalau hanya mengandalkan tenaga manusia tidak maksimal. Makanya sangat perlu dukungan ekscavator dan truk untuk mengangkat termasuk peratan lain yakni perahu, jaring dan tali,

”Untuk penampungan Eceng Gondok pasca di angkut dari Danau, pemkab sudah menyiapkan sejumlah lokasi tempat pembuangan dan Kami berharap seluruh komponen masyarakat tetap menopang pemerintah untuk bekerja sama menyelamatkan danau Tondano,” pungkasnya.(fernando lumanauw)

Leave a Reply