Antisipasi Gesekan di Masyarakat Selama Pilkada Serentak, Pemprov Gelar Rakor

Manado – Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara yang diwakili oleh Kepala Badan Kesbangpol Provinsi Sulawesi Utara Drs Meki M Onibala MSi bersama Kepala Biro Pemerintahan dan Humas DR. Jemmy S Kumendong MSi membuka acara Rapat Koordinasi Kerja Keamanan dan Ketertiban yang dilaksanakan di ruang FJ Tumbelaka, Kamis (03/05/2018).

Dalam sambutannya Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey SE menegaskan bahwa seiring dengan dimulai dan telah dirampungkannya beberapa tahapan dan proses pilkada secara serentak tahun 2018 ini maka dapat dipastikan bahwa suasana kehidupan sosial masyarakat di bumi Nyiur Melambai Sulawesi Utara semakin dinamis seiring meningkatnya suhu politik khususnya di 6 kabupaten/kota yang melaksanakan pilkada.

Lebih jauh lagi, Gubernur mengajak kepada semua jajaran pemerintah yang terkait langsung dengan pelaksanaan pilkada di 6 kabupaten/kota untuk memanfaatkan sebaik mungkin kegiatan ini sebagai wahan untuk memantapkan kesatuan visi dan langkah guna mengantisipasi kemungkinan terjadinya tindakan kekerasan dan konflik di tengah masyarakat.

Di tempat yang sama Karo Pemerintahan dan Humas menyampaikan beberapa hal yang berhubunhan langsung dengan pilkada serentak yakni; melaksanakan koordinasi dengan pemangku kepentingan terlebih kepada aparat yg ada di kab/kota, tetap melaksanakan monitoring evaluasi terhadap situasi politik. Karena pemerintahan provinsi memiliki kewajiban untuk menyampaikan kondisi ini di pusat.

Maksud dan tujuan dari kegiatan tersebut adalah mengantisipasi terjadinya kekerasan dan pencegahan adanya konflik ditengah masyarakat selama pilkada serentak berlangsung dan dapat menciptakan keamanan dan ketertiban di daerah Provinsi Sulut.

Turut hadir dalam acara tersebut perwakilan kabupaten/kota se-Provinsi Sulut, perwakilan dari kepolisian Sulawesi Utara serta perwakilan dari TNI.

Leave a Reply