APBD Minahasa 2018 Disahkan, Satu Fraksi Absen Sidang Paripurna

Minahasa – Setelah melalui mekanisme pembahasan anggaran, antara Tim Anggaran Pemerintah Daerah Kabupaten Minahasa, dengan Badan Anggaran Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Minahasa, selang sepekan, Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Minahasa tahun anggaran 2018, akhirnya disahkan menjadi Peraturan Daerah (Perda), melalui Sidang Paripurna, Rabu (29/11) siang, di Kantor DPRD Minahasa, Kelurahan Sasaran, Tondano Utara.

Sidang Paripurna ini dipimpin langsung Ketua DPRD Minahasa Drs Jantje Wowiling Sajow MSi, didampingi Wakil Ketua Ventje Mawuntu dan dihadiri Bupati Minahasa Drs Jantje Wowiling Sajow MSi, para Anggota DPRD serta para Pejabat eselon di jajaran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa dan Forkopimda Minahasa.

Bupati JWS dalam sambutannya mengapreseasi kinerja DPRD yang telah bekerjasama dengan Pemkab Minahasa, dalam melakukan pembahasan Ranperda APBD, sehingga akhirnya Ranperda tersebut disahkan menjadi Perda yang pro rakyat untuk pembangunan Kabupaten Minahasa.

”Saya selaku Bupati menyampaikan terima kasih dan apreseasi yang tinggi kepada dewan yang terhormat karena telah bekerjasama dengan Pemkab untuk membahas Ranperda APBD hingga akhirnya boleh disahkan menjadi Perda,” ungkap JWS.

“Harus diakui bahwa, begitu panjang dinamika dalam pembahasan Ranperda ini. Namun, semuanya boleh dilalui berkat adanya sinergitas dan rasa tanggung jawab dari seluruh anggota Dewan terbadap amanah yang diberikan masyarakat. Dengan selesainya pembahasan yang diikuti dengan penetapan Ranperda menjadi Perda APBD 2018, maka pihak Pemkab Minahasa siap melanjutkan pembangunan yang ada di Kabupaten Minahasa,” pungkas JWS.

Sementara, meski Sidang Paripurna sempat tertunda hampir tiga jam, dari seluruh Fraksi yang ada di DPRD Minahasa yakni, Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan, Fraksi Golkar, Fraksi Demokrat, Fraksi Gerindera dan Fraksi Nasdem, hanya anggota Fraksi Golkar yang tak tampak satu pun dalam Sidang Paripurna penetapan APBD 2018 ini.

Selain Fraksi Golkar, Wakil Ketua DPRD Careigh Naichel Runtu SIP, serta Wakil Bupati Minahasa Ivan Sarundajang juga tak tampak hadir, meskipun ketidak hadiran ini tak lagi berpengaruh pada pelaksanaan Sidang Paripurna, sebab telah memenuhi kourum.

Informasi diperoleh Cybersulutnews.co.id, ketidak hadiran Fraksi Golkar disebabkan adanya pelantikan Ketua Dewan Pimpinan Daerah I Partai Golkar Sulawesi Utara Tetty Paruntu, di Kota Manado. Hingga berita ini diturunkan, informasi ini belum terkonfirmasi dari Fraksi Partai Golkar.(fernando lumanauw)

Leave a Reply