Aplikasi Qlue di Minahasa Disosialisasikan

Minahasa – Layanan aduan masyarakat di Kabupaten Minahasa yang kini masih berbentuk akun RR-RD Call Center di media sosial Facebook, kini akan lebih dimantapkan dan lebih profesional, dengan segera adanya aplikasi Qlue, demi pengembangan e-goverenmen kedepan.

Hal ini menyusul mulai di sosialisasikannya aplikasi tersebut ke semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di jajaran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa, masyarakat dan insan pers, yang dilakukan Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Minahasa, Jumat (06/12) pagi, bertempat di Aula Imanuel Koya.

Bupati Minahasa Ir Royke Octavian Roring MSi, dalam sambutannya yang disampaikan Kepala Diskominfo Minahasa Agustivo Tumundo SE MSi mengatakan, pengembangan e-government sosialisasi aplikasi Qlue ini sebagai layanan aduan masyarakat, sebagai salah satu program prioritas Bupati dan Wakil Bupati Robby Dondokambey SSi, dalam merespon setiap permasalahan yang ada secara cepat.

“Sementara ini kita masih memanfaatkan halaman Facebook RR-RD Call Centre, maka dengan hadirnya aplikasi Qlue di Kabupaten Minahasa ini, diharapkan akan dapat lebih memaksimalkan lagi pelayan kita dalam melayani masyarakat,” ujarnya.

Mengganti secara pasti dari manual ke teknologi manajemen pemerintahan menurutnya, tidak bisa dengan gaya manual. Untuk itu, konsep Smart City diharapkan dapat mendorong percepatan pembangunan, dimana penerapannya akan sangat membantu pengelolaan informasi pemerintah, mempermudah interaksi masyarakat dengan pemerintah, keterbukaan informasi, serta meningkatkan kinerja pemerintah.

‘Di era revolusi industri 4.0 kita harus kita harus berbenah dengan memanfaatkan setiap sumber daya yang ada. Karena kalau tidak, kita akan ketinggalan dari daerah-daerah lain yang saat ini sedang berlomba-lomba berinovasi,” terang dia.

Dengan hadirnya layanan aduan aplikasi qlue, diharapkan Tumundo, akan banyak kelebihan dan keuntungan yang diperoleh, karenanya kegiatan ini dirasa sangat penting disosialisasikan kepada masyarakat umum agar kita semua dapat mengetahui cara penggunaannya, dan diharapkan juga untuk turut mensosialisasikan ini kepada keluarga kita maupun orang lain di sekitar kita.

“Semoga kegiatan ini akan turut mewujudkan upaya bersama dalam menjadikan Minahasa Yang Maju dalam Ekonomi dan Budaya, Berdaulat, Adil dan Sejahtera,” pungkasnya.

Sosialisasi ini menampilkan Nara Sumber Manager Bisnis PT Qlue Performa Indonesia Aditya Gilang Persada dan Manager Proyek Sonny Permana, serta Moderator Kepala Bidang E-Government Dinas Kominfo Minahasa Gogen Ngantung SE.

Turut hadir dalam kegiatan ini Staf Khusus Bupati Minahasa Bidang E-Government Dr Mario Tulenan MSc, Sekdis Kominfo Minahasa Dra Sonya Lolowang, Kabid Teknologi Informasi Komunikasi Erker Aguw SKom, Kabid Informasi Komunikasi Publik Jeffry Wauran SSos, para pejabat utusan OPD Pemkab, Ketua PWI Cabang Minahasa Christian Tangkere SE, Ketua Aliansi Wartawan Minahasa (AWAM) Jeffry Uno, segenap Insan pers dan masyarakat umum lainnya.(fernando lumanauw)

Leave a Reply