Bagian PBJ Pemkab Mitra Gencar Sosialisasikan SPSE Versi 4.3

Mitra – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa Tenggara, melalui Unit Layanan Pengadaan (ULP) Bagian Pengadaan Barang dan Jasa (PBJ), gencar melakukan sosialisasi Sistem Pengadaan Secara Elektronik (SPSE) versi 4.3.

Kepala Bagian PBJ Sekretariat Daerah Kabupatem Mitra Budi Ranranta mengatakan, saat ini pihaknya telah menggunakan sistem terbaru ini dalam pengadaan barang dan jasa di Pemkab Mitra.

“Seluruh PBJ di Mitra telah menggunakan sistem terbaru ini. Untuk itu Pejabat Pembuat Komitmen atau PPKom dan penyedia jasa, wajib memgetahui dan memahami SPSE versi 4.3 ini, agar supaya penggunaanya berjalan dengan baik. Apalagi, ini sistem open biding,” ujar Raranta.

Dikatakannya, untuk PPKom, ditekankan pelatihan dari mana memulai pelaksanaan, pembuatan paket, hingga penyampaian dalam bentuk pemaketan, yang kesemuanya sudah dalam bentuk sistem.

“Jadi sudah tidak ada yang menggunakan kertas, karena semua sudah dalam sistem. Kalaupun ada itu hanya dalam tahap verifikasi. Sebab, dari awal hingga ada pemenang tender semua berdasarkan sistem,” terang Raranta.

Adapun untuk pelatihan bagi penyedia, dijelaskan Raranta, difokuskan pada cara menggunakan Sistem Informasi Kinerja Penyedia (SIKAP). Dimana menurutnya, dalam SIKAP semua kegiatan sudah terinterigasin, baik antara penyedia, PPKom, Pokja dan Pejabat Pengadaan itu sendiri.

“Kami siapkan pelatihan untuk penyedia, supaya nanti harus berdaya saing. Karena dalam penggunaan sistem sangat ketat. Kalaupun terlambat memasukan atau mendaftarkan berkas, tentu harus menunggu pekerjaan berikut,” pungkasnya.

Sementara, SPSE sesuai Pasal 71 Perpres nomor 16 Tahun 2018, mempunyai ruang lingkup mulai dari perencanaan pengadaan, persiapan pengadaan, pemilihan penyedia, pelaksanaan kontrak, serah terima pekerjaan, pengelolaan penyedia, dan katalog elektronik, yang berarti SPSE versi terbaru memiliki Interkoneksi dengan sistem perencanaan, penganggaran, pembayaran, manajemen aset, dan sistem informasi lain yang terkait dengan SPSE.

Aplikasi SPSE versi 4.3 yang dikembangkan oleh Direktorat Pengembangan SPSE, Lembaga Kebijakan PBJ Pemerintah (LKPP) ini, telah resmi diluncurkan pada 4 September 2018. Perilisan aplikasi SPSE Versi 4.3 ini ditandai dengan diterbitkannya Surat Keputusan Deputi Nomor 29 Tahun 2018 tentang Panduan Penggunaan Aplikasi Sistem Pengadaan Secara Elektronik Versi 4.3 dan juga mengakomodir Peraturan Presiden Nomor 16 Tahun 2018 serta peraturan turunannya.(fernando lumanauw)

Leave a Reply