Batik Sulut Pukau 300 Diplomat Asing di Fashion Show Belgrade Serbia

Manado – Pameran seni, budaya, musik tradisional, pariwisata dan investasi Sulawesi Utara yang dihelat KBRI Belgrade, Serbia pada pekan ini mendapat apresiasi dari Warga Negara Serbia dan sejumlah diplomat asing yang diundang pada acara bertajuk “The Beauty of North Sulawesi”.

Setidaknya ada 300 tamu khusus, terdiri dari duta asing-Belgrade dan seluruh Korps diplomatik, Pemerintah Serbia, Klub Wanita Internasional-Belgrade (IWC), pecinta fashion, socialites, pemilik butik, selebriti, dan media terkagum agum dan terpesona dengan cirikhas batik asal Sulawesi Utara yang ditampilkan pada model (pragawan/ti) Serbia di hotel Istana Palace Belgrade.

Fashion Show ini menyajikan 3 urutan batik dalam ” siap untuk memakai, Kaftan dan Haute Couture “. Ketiga sesi penampilan Batik asal Sulawesi Utara ini menambah semarak pameran seni budaya dan musik tradisional di negara tersebut.

Di halaman Facebook “Embassy of The Republic of Indonesia Belgrade atau KBRI Beograd (Ambasada Republike Indonezije), dituliskan Cerita tentang Sulawesi Utara melalui Fashion Show Batik.

Disebutkan bahwa Keindahan Sulawesi Utara dipilih sebagai tema fashion show, yang diadakan oleh Kedutaan Besar Indonesia-Belgrade di hotel Istana Palace musim panas ini 2018.

Budaya yang kaya dan pariwisata Sulawesi Utara (Sulut) telah dengan lancar digambarkan oleh yang disebut “Batik Story” koleksi terbaik yang dirancang oleh desainer terkemuka Indonesia Banci Matindas, Terry Solangs dan Jinno Rauw, yang merupakan desainer asal Sulut.

Kisah batik ini didefinisikan sebagai sebuah teknik Indonesia dari pewarna pakaian, yang dibuat oleh Sizzy Matindas yang menceritakan kisah keindahan Sulawesi Utara.

“Kami telah berkumpul di sini untuk membawa anda ke perjalanan indah Sulawesi Utara, Indonesia “. Dan batik mengatakan kepada anda keindahan Sulawesi Utara dari bawah warna air parade ke pemandangan indah Sulawesi Utara, ” kata Duta Besar Harry R.J. Kandou saat membuka acara itu.

Dengan tulus dan syukur serta apresiasi juga disampaikan kepada Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara yang telah datang ke acara tersebut dan berpartisipasi dalam mempromosikan keindahan Sulawesi Utara, disamping juga menikmati keindahan di Serbia.

Selain menikmati rangkaian fashion show, para tamu terheran-heran oleh tarian tradisional yang persembahkan oleh kelompok Tari Kedutaan Indonesia dan Kolintang, musik tradisional asal Sulawesi Utara yang ditampilkan oleh Pemerintah Kota Manado dan Temboan group.

Nampak Wakil Gubernur Sulut Drs Steven OE Kandouw, Staf Khusus Gubernur Pdt Lucky Rumopa STh, Wakil Walikota Manado Mor Dominus Bastiaan SE bersama Wakil Ketua TP PKK Kota Manado Ny Mor Bastiaan, Plt Bupati Minahasa Drs Royke Mewoh bersama Ketua TP PKK Kabupaten Minahasa, Ketua Komisi I DPRD Sulut Drs Ferdinand Mewengkang, Kasat Pol PP Pemprov Sulut Evan S Liow SSos, dan delegasi Seni Budaya Sulut.

Leave a Reply