Bawaslu Tomohon Terus Awasi Tahapan Dukungan Dengan Syarat Calon Perseorangan

Tomohon – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Tomohon, terus mengawasi dukungan calon perseorangan yang diberikan oleh warga Kota Tomohon kepada kandidat yang akan maju dalam pilkada di wilayah ini.

Ketua Bawaslu Tomohon Deisy Soputan Spd MHum mengatakan pihaknya sudah bekerjasama dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil setempat untuk mengetahui status warga terkait dengan pekerjaannya sehingga akan mengetahui ada tidaknya dukungan ASN, TNI/Polri dan lainnya.

“Jika nantinya ada temuan atau laporan dari warga terkait status pekerjaan dan status, kita akan bekerjasama dengan Disdukcapil untuk mengetahui kepastiannya dan kemudian kita melakukan verifikasi faktual terkait dengan dukungan tersebut,” ujar dia.

Apalagi saat ini untuk calon perseorangan Kota Tomohon saat ini memasuki tahapan verifikasi  faktual yang kedua dari hasil dukungan yang akan berlangsung sampai 04 Agustus 2020 mendatang.

Dukungan masyarakat yang akan mereka verifikasi itu nantinya, kata dia, khusus untuk temuan kasus atau adanya laporan dari masyarakat yang menyebutkan dukungan terhadap calon yang bersangkutan diberikan oleh orang yang tidak diperbolehkan memberikan dukungan seperti ASN, anggota TNI/Polri.

“Kami akan pro-aktif meneruskan temuan-temuan dari masyarakat atas penyelenggaraan Pilkada termasuk dukungan calon perseorangan ini, agar Pilkada nanti berjalan sesuai aturan yang tentunya saat ini menekankan pada Protokol COVID-19,” tandas wanita cantik ini yang juga sebagai Koordinator Divisi SDM, Data dan Infromasi. (mar)

Leave a Reply