Bentuk Fraksi DPRD Mitra, Parpol Saling Lobi

Mitra – Pembentukan fraksi sementara berlangsung di DPRD Minahasa Tenggara (Mitra). Lobi-lobi pun terlihat gencar dilakukan sejumlah partai politik.

Di DPRD Mitra ada empat Partai Politik yang bisa membentuk fraksi utuh, karena memiliki minimal tiga kursi. Keempat Parpol dimaksud adalah PDI Perjuangan, Partai Golkar, Partai Demokrat dan Partai Amanat Nasional (PAN).

Parpol yang tidak cukup membentuk fraksi telihat mulai melakukan lobi. Besar kemungkinan mereka akan membentuk fraksi gabungan. Wakil Ketua sementara DPRD Mitra Tonny H Lansut AmTm membenarkan, jika saat ini sedang terjadi lobi-lobi.

“Ya, kemungkinan akan ada lima atau enam fraksi. Selain empat fraksi utuh dari Parpol, ada kemungkinan terbentuk fraksi gabungan,” kata Lasut.

Ditanya apakah sudah ada Parpol yang merapat ke Golkar untuk bergabung, Lasut mengaku belum ada. “Hingga saat ini belum ada. Lobi-lobi masih sementara berlangsung,” tandasnya.

Dari empat Parpol yakni PDIP, Golkar, Demokrat dan PAN yang merupakan fraksi utuh masih ada lagi enam kursi sisa yang terdiri dari lima Parpol yakni Gerindra dua kursi, PPP satu kursi, PKPI satu kursi, Hanura satu kursi, Nasdem satu kursi.

Syarat untuk membentuk satu fraksi terdiri dari tiga kursi. Pantauan CSN, sejumlah Parpol masih sementara melakukan lobi-lobi untuk membentuk fraksi. “Untuk membentuk fraksi, kami akan melihat partai mana yang bisa bergabung dengan kami. Kita masih menunggu lobi-lobi yang dilakukan,” ujar Vanly Mokolomban dari PKPI kepada wartawan.

Sementara anggota DPRD dari Partai Hanura Jaksen Mokat mengatakan, dirinya akan berkordinasi dengan Ketua Partai Hanura, baik di Kabupaten dan Provinsi yang telah mengusung saya saat pencalonan waktu lalu. Namun kabar beredar tiga kursi dari partai koalisi Indonesia Hebat bakal merapat ke Fraksi PDI Perjuangan, yakni Partai hanura, Nasdem dan PKPI.(alfian tompunu)

Leave a Reply