Beribadah di GMIM Imanuel Leilem, Ini Kata Bupati ROR Kepada Jemaat dan Masyarakat

Minahasa – Bupati Minahasa Ir Royke Octavian Roring MSi, bersama Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Minahasa Dra Fenny Ch M Roring- Lumanauw SIP dan keluarga besar Roring-Waani, berkesempatan beribadah Minggu bersama Jemaat GMIM Imanuel Leilem, Miinggu (08/09) pagi.

Ibadah ini di pimpin Pdt Helmy Muaja Wowor STh, dan mengambil pembacaan dalam Alkitab di Kitab Wahyu 21:9-27, dengan perikop pembacaan “Yerusalem Yang Baru”. Selesai Ibadah Minggu, dilanjutkan dengan ibadah Mingguan mengenang meninggalnya Almarhum Jemmy Nicolen Waani, dalam keluarga Sela-Waani.

Bupati ROR dalam sambutannya kemudian menyampaikan bahwa, beberapa waktu belakangan ini sejumlah tempat di Kabupaten Minahasa dilanda kebakaran hutan dan lahan. Menurutnya, dirinya telah mengeluarkan instruksi agar masyarakat Minahasa mematuhi hal-hal yang sudah ditetapkan seperti diantaranya, jangan membakar rumput atau sampah sembarangan dan jangan membuang puntung rokok sembarangan apalagi masih menyalah.

“Hampir setiap hari kita mendengar berita tentang kebakaran hutan dan lahan, yang semuanya itu mungkin tidak disengaja maupun disengaja, dengan membakar sampah atau rumput kering dan tidak dijaga, yang mengakibatkan api meluas sehingga terjadi kebakaran karena musim kemarau atau musim panas yang berkepanjangan,” ujarnya.

“Untuk itu, saya menginstruksikan agar memperhatikan beberapa larangan yang sudah dikeluarkan pemerintah terkait hal ini, seperti tidak membakar sampah sembarangan, tidak membakar lahan atau hutan sebarangan atau membuang puntung rokok yang masih menyala sebarangan. Karena tanpa kita sadari, itu bisa mengakibatkan kebakaran yang dapat merugikan kita semua,” tukasnya.

Dirinya juga memberikan warning bahwa akan ada sanksi menanti bila kedapatan membakar lahan atau hutan sembarangan.

“Saya memerintahkan kepada Camat dan Hukum Tua serta Lurah agar bersama sama dengan masyarakat untuk melaksanakan kerjabakti, dengan membersihkan saluran saluran air dimana banyak sampah kering yang terkumpul, agar supaya jika datang musim hujan saluran air tidak tersumbat dan menghindari tergenangnya air dan tidak terjadi bajir,” ujarnya lagi.

Selain itu, Bupati juga pada kesempatan tersebut menyampaikan atas nama Pemerintah Kabupaten Minahasa mengucapkan selamat kepada masyarakat Desa Leilem yang sudah memenangkan Lomba Desa tingkat Provinsi Sulawesi Utara.

“Ini berkat kesiapan masyarakat Desa Leilem, untuk itu saya ucapkan terima kasih atas perhatian samuanya,” pungkasnya.(fernando lumanauw)

Leave a Reply