BI Kerjasama Pemerintah Dukung Ketahanan Pangan Sulut

Manado – Bank Indonesia(BI) bekerja sama dengan pemerintah mendukung ketahanan pangan di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut).


Kepala BI Perwakilan Sulut, Suhaedi mengatakan kegiatan ini didukung sepenuhnya oleh Korem 131 Santiago, melakukan kegiatan pemberdayaan ketahanan pangan melalui penanaman cabe di Paslaten, Kota Tomohon.


Kegiatan ini juga dirangkaikan dengan program sosial BI dan perbankan dalam mendukung ketahanan pangan, melalui pelatihan dan demplot komoditi cabe, jagung dan ikan nila

Dikatakan Kepala BI Perwakilan Sulut Suhaedi, gerakan ketahanan pangan, sangat pantas diterapkan di Sulut karena Sulut merupakan daerah yang subur, seperti gerakan menanam cabe. 


“Kita harus manfaatkan lahan kosong di sekeliling kita untuk kepentingan rumah tangga,” ujarnya. 


Untuk perbankan, lanjut dia, Ini peluang bagi perbankan untuk pembiayaan. “Itulah sebabnya program ketahanan pangan ini harus didukung sepenuhnya oleh perbankan,” ungkapnya.


Sementara sambutan Wakil Gubernur Sulut Djauhari Kansil yang dibacakan Kadis Pertanian dan Peternakan Johanes Panelewen, mengatakan tetap komit terhadap pengembangan pertanian sebagai fundamen ekonomi sebagai pemberdayaan ekonomi petani masyarakat.


“Tentunya pengembangan pertanian ini harus juga menggunakan teknologi sehingga menghasilkan produksi yang lebih baik,” papar Panelewen.


Danrem 131 Sulut Brigjen Johny Tobing mengatakan, salah satu tugas TNI adalah pemberdayaan ketahanan di darat, dalam rangka ketersediaan logistik di darat menjadi kekuatan ketahanan. “Kepekaan dan kepedulian TNI membantu ketahanan pangan di wilayahnya, sudah merupakan kewajiban kami,” ujarnya.

Leave a Reply