BKP Minahasa Bakal Gelar Lomba Cipta Menu Pangan Lokal

Minahasa – Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kabupaten Minahasa merencanakan dalam waktu dekat bakal menggelar lomba cipta menu dari pangan lokal yang beragam, bergizi seimbang dan aman (B2SA), berbasis makanan khas daerah.

Kepala BKP Minahasa, Ir Nelwan J Runtukahu, Selasa (11/11) mengatakan, kegiatan lomba cipta menu B2SA tersebut merupakan rangkaian kegiatan dalam rangka memperingati hari pangan sedunia (HPS) ke-34 di Kabupaten Minahasa.

“Lomba cipta menu ini dalam rangka HPS, yang biasanya dilakukan di Minahasa setiap tahun dan melibatkan seluruh Kecamatan yang ada,” ujar Runtukahu.

Namun demikian, Runtukahu belum bisa memastikan kapan waktu palaksanaan kegiatan tersebut dikarenakan masih menunggu kepastian Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Utara (Sulut).

“Menurut informasi yang kami terima, HPS Pemprov Sulut akan dipusatkan di Minahasa, sehingga HPS Minahasa akan disatukan dengan Pemprov Sulut. Namun, untuk lomba cipta menu yang biasanya berbarengan dengan kegiatan puncak HPS Minahasa akan mendahului kegiatan HPS Provinsi karena pemenang pada tingkat Kabupaten biasanya akan mewakili ke tingkat Provinsi, meski demikian masih menunggu kepastian waktu,” terang Runtukahu.

Sementara, pelaksanaan lomba cipta menu B2SA ini biasanya juga bekerjasama dengan Tim Penggerak PKK Kabupaten Minahasa.(fernando lumanauw)

Leave a Reply