Buka Expo 2019, Gubernur Olly Ingatkan Pahami Produk dan Jasa IJK

Manado – Gubernur Olly Dondokambey SE meminta Industri Jasa Keuangan (IJK) di Sulut memacu tingkat literasi dan inklusi keuangan di Bumi Nyiur Melambai.

Dikatakan Olly, kendati secara umum kinerja IJK relatif baik tapi masih banyak masyarakat yang belum paham manfaat produk dan jasa IJK.

“Masih banyak mereka yang simpan uangnya di rumah. Bahkan masih ada yang di bawah bantal,” kata Olly saat membuka Industri Jasa Keuangan (IJK) Expo 2019 di Mantos 3, Jumat (15/11/2019).

Menurut Gubernur, hal itu terjadi karena masih banyak masyarakat yang tak paham peran fungsi IJK.

“Kegiatan ini mengedukasi masyarakat. Dengan ada seperti pameran ini, mereka tahu uangnya ternyata bisa disimpan bahkan diinvestasikan,” kata gubernur.

Dikatakan, masyarakat perlu tahu pentingnya investasi keuangan. “Dengan investasi, mereka bisa dapat keuntungan,” ujarnya seraya berharap, pameran itu bisa digelar rutin.

Kepala OJK Sulutgomalut, Slamet Wibowo mengatakan, IJK Expo memberi kesempatan kepada masyarakat mengakses produk dan layanan IJK.

Menurut Wibowo, pameran itu bertujuan merealisasikan program tim percepatan akses keuangan daerah. Literasi dan inklusi keuangan, kata Slamet, penting diketahui masyarakat.

“Sebab saat ini banyak sekali tawaran di tengah masyarakat yang beredar. Dengan expo ini, mereka bisa tahu layanan jasa keuangan yang baik,” katanya.

Untuk mengedukasi masyarakat, expo ini akan diwarnai talkshow secara bergantian tentang keuangan digital, perbankan, pasar modal, multifinance hingga Fintech.

“Ada juga lelang online barang oleh Dirjen Kekayaan Negara dan penukaran uang oleh BI,” ujarnya.

IJK Expo 2019 kali ini diikuti OJK, BI Sulut, 15 bank umum, BPR yang hadir dengan Kampoeng Perbarindo, 5 multifinance, Pasar Modal BEI, 3 asuransi umum, 2 fintech, dan DJKN Suluttenggomalut.

Leave a Reply