Buka FESDATON 2018, Bupati ROR: Minahasa Harus Bangga Punya Potensi Pariwisata Yang Lengkap

Minahasa – Bupati Mianahasa Ir Royke Oktavian Roring MSi, membuka secara resmi pelaksanaan Festival Danau Tondano (FESDATON) tahun 2018, yang digelar Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa, melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Diabudpar), bertempat di Monumen Benteng Moraya, Jumat (09/11) pagi.

Saat membuka kegiatan yang diawali dengan Senam Minahasa Hebat secara massal ini, Bupati ROR mengajak masyarakat Kabupaten Minahasa mensyukuri berkat Tuhan, atas alam Minahasa yang begitu lengkap akan potensi pariwisata.

“Kita harus bangga punya potensi pariwisata yang lengkap. Mengapa? Karena kita di Minahasa punya Danau Tondano, kita punya pantai timur, pantai barat yang lengkap, artinya dari sisi pariwisata laut kita ada, dari sisi pariwisata danau kita ada, dari sisi pariwisata alam pun kita ada, artinya kita miliki potensi pariwisata yang lengkap, tinggal dikembangkan. Karena itu, mari kita gali, kita kemas dan tawarkan kepada wisatawan, baik wisatawan lokal maupun yang berkunjung ke Sulut, apalagi kita diuntungakan dengan cuaca yang sejuk,” kata Bupati ROR.

Dikatakan ROR, FESDATON ini kedepan akan dibuat lebih semarak lagi, sebagai bentuk juga untuk sukseskan Wonderful Indonesia. Bupati ROR berharap, FESDATON ini bisa menarik kunjungan wisatawan, baik lokal maupun mancanegara ke Kabupaten Minahasa.

“Kita harus memanfaatkan momontum seperti ini dengan baik, agar wisatawan asing seperti Tiongkok dan negara lain bisa berkunjung di Minahasa. Kita tawarkan berbagai aktifitas budaya yang telah dikemas dengan apik, untuk kiranya bisa menarik wisatawan yang masuk ke Manado juga akan masuk ke Minahasa,” ujarnya.

“Saya minta Kepala Dinas dan seluruh perangkat untuk mengemas berbagai kegiatan, baik itu budaya atau destinasi budaya, karena Minahasa begitu lengkap dengan berbagai budaya yang ada, dikaitkan dengan lokasi-lokasi pariwisata yang tidak dipunyai oleh Kabupaten/ Kota lain. Saya minta seluruh SKPD tahun depan usahakan adakan kegiatan, baik itu skala nasional maupun skala internasional,” kata Bupati.

Sementara, Kepala Disbudpar Minahasa Agustivo Tumundo SE MSi, dalam laporannya terkait kegiatan FESDATON ini mengatakan, kegiatan ini telah masuk dalam agenda tahunan Pemkab Minahasa, yang dikemas dengan berbagai lomba seperti, Lomba Kolintang memperebutkan Trophy Bupati dan Wakil Bupati Minahasa untuk kategori Pelajar, Trophy Ketua Umum Kerukunan Keluarga Kawanua (KKK) Irjen Pol Dr Ronny F Sompie MH dan Wakil Ketua Umum KKK Brigjen Pol Dr Winston Tommy Watuliu untuk kategori Umum, dengan total hadiah uang tunai senilai Rp 35 Juta, serta Lomba Memancing Ikan Danau Tondano di Kolam Benteng Moraya memperebutkan Trophy Kepala Disbudpar Minahasa.

“Dalam rangkaiam kegiatan ini juga menampilkan Pergelaran Seni dan Budaya Minahasa, Pentas Musik Danau Tondano, dengan menampilkan grup vokal Bassgilano Revolution, artis Melly Pungus dan artis Stand Up Comedy Jobe. Lomba Musik Kolintang tiap Regu akan membawakan lagu wajib “Mars Minahasa” dalam bentuk instrumentalia, dan lagu bebas non asmara dengan vokalis,” kata Tumundo.

Turut hadir dalam kegiatan ini, mewakili Kementrian Pariwisata Repoblik Indonesia Wilayah Pemasaran Satu Regional III, Ny Rahma Akbari, Ny Fitriana, Ny Sukma Dewani, Wakil Bupati Minahasa Robby Dondokambey SSi MSi, Ketua TP-PKK Minahasa Dra Fenny Ch M Roring-Lumanauw, Wakil Ketua TP-PKK Minahasa Martina Dondokambey-Lengkong, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Minahasa, Sekretaris Daerah Minahasa Jeffry Robby Korengkeng SH MSi, perwakilan dari Kementerian Pariwisata Repoblik Indonesia, tamu dan undangan lainya.(fernando lumanauw)

Leave a Reply