Buka Pelatihan Olahraga dan Kesenian, Situmorang: Ini Untuk Bangun Karakter Remaja

Minahasa – Guna membangun dan membentuk karakter remaja sejak dini agar tak terpengaruh atau terhindar dengan pergaulan bebas, Kepolisian Resor Minahasa (Polres) Minahasa buka pelatihan untuk sejumlah cabang olahraga, juga kesenian.

Kapolres Minahasa AKBP Denny I Situmorang SIK mengatakan, selain bertujuan membangun karakter remaja, juga untuk meminimalisir gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas), yang penyebabnya kebanyakan terjadi karena keterlibatan anak di bawah umur.

“Polres Minahasa memfasilitasi peralatan atau kebutuhan yang digunakan untuk latihan, baik olahraga maupun kesenian. Kita akan datangkan pelatih untuk memberikan pelatihan,” ujar Situmorang.

Lanjut kata Situmorang, pihaknya juga akan bekerjasama dengan pihak gereja, agar para remaja ini ada kegiatan usai kegiatan di dalam sekolah. Sebab kata dia, ada rasa keprihatinan ketika sejumlah remaja terbawa ke hal-hal yang tidak diingikan, seperti biang keributan dan gangguan Kamtibmas.

“Kita kerjasama dengan pihak gereja, dimana gereja sebagai motornya. Nanti, berapapun yang terkumpul yang mau latihan, kita akan siapkan pelatih. Bahkan, di Mapolres Minahasa siap bila nanti dijadikan lokasi latihan, karena kita punya bangunan yang biasa digunakan untuk latihan seperti Karate dan Thaiboxing. Bila ada yang mau latihan Bola Voli dan Sepak Bola, nanti qta adakan,” ungkapnya.

Di bidang kesenian, kata Situmorang, ada paduan suara dan band remaja yang akang dibuka pelatihan. Nantinya akan ada lomba setiap dua bulan sekali untuk menggali bakat, baik olahraga maupun kesenian.

“Kita berharap akan tumbuh bibit atlet baru yang bisa diutus untuk berlaga di tingkat nasional dan internasional. Saya prihatin dengan kejadian di awal tahun ini, di beberapa tempat ada tawuran antar kelompok, yang didalamnya anak remaja terlibat. Untuk itu, kita akan bekerjasama dengan tokoh agama, tokoh pemuda, di dalamnya ada para Penatua di Gereja Masehi Injili Minahasa serta Pemerintah Desa dan Kelurahan,” pungkasnya.(fernando lumanauw)

Leave a Reply