Bupati JS: Perumahan dan Kawasan Pemukiman di Mitra Akan Diatur Perda

Mitra – Bupati Minahasa Tenggara (Mitra) James Sumendap SH menegaskan bahwa, perumahan dan kawasan pemukiman di Kabupaten Mitra harus ditata mulai saat ini. Itu sebabnya, Peraturan Daerah (Perda) tentang perumahan dan kawasan pemukiman harus segera ada.

Hal ini diungkap Sumendap kala dirinya menyampaikan sambutan saat menghadiri rapat paripurna dalam rangka pembicaraan tingkat pertama rancangan Perda (Ranperda) tentang perumahan dan kawasan pemukiman, Ranperda tentang tempat pemakaman umum, serta pembicaraan tingkat kedua atas Ranperda tentang rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD) Kabupaten Mitra tahun 2018-2023, yang digelar Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Mitra, Jumat (07/03) pekan lalu.

“Dengan adanya Perda ini, kita bisa menata daerah perumahan dan kawasan pemukiman masyarakat yang aman. Karena sebagai contoh, ada bencana alam terjadi dan mengakibatkan rumah warga terdampak. Lalu minta sumbangan ke pemerintah. Saya bilang tidak boleh, karena sudah tahu daerah rawan bencana tetap didirikan rumah. Jadi, semua harus ada hubungan dengan RDTR, RTRW, Masterplan, Site Plant,” tegas Bupati JS.

Lanjut dikatakan Bupati, dengan adanya Perda ini, nantinya pemerintah dapat mengetahui dan memilah mana yang dapat dibiayai pemerintah dan mana yanh tidak.

“Nantinya kita bisa memgetahui, mana yang bisa dibiayai Pemerintah Daerah mana yang dapat dibiayai BPBD dan mana yang tidak dapat dibiayai. Dengan nantinya ada Perda ini, kita akan tau RDTR, master plan perkotaan site plan perkotaan. Nanti di situ dilihat semua kondisi kondisi mana yang boleh jadi pemukiman perkebunan dan pertanian. Perda ini akan jalan setelah RTRW disahkan oleh DPRD,” kata Sumendap lagi.(fernando lumanauw)

Leave a Reply