Bupati JS Wacanakan Perdes Hukum Tua dan Perangkat Desa Bebas ‘Amplop Pengang Tangan’

Mitra – Bupati Minahasa Tenggara (Mitra) James Sumendap SH, berencana bakal membuat Peraturan Desa (Perdes) tentang pembebasan biaya “Amplop Pegang Tangan” bagi Hukum Tua dan Perangkat Desa, ketika menghadiri acara-acara undangan di Desa.

Hal ini dikatakan Bupati Sumendap, kala dirinya menyampaikan sambutan dalam acara pengambilan sumpah/janji dan pelantikan Penjabat Hukum Tua di Kecamatan Ratahan dan Ratahan Timur, yang dipusatkan di Balai Desa Pangu, Sabtu (09/02) pagi.

Menurutnya, ini kearifan lokal, Hukum Tua dan Perangkat Desa tidak boleh dibebankan dengan biaya-biaya yang memberatkan mereka, seperti biaya untuk amplop pegang tangan saat menghadiri acara-acara. Mereka orang-orang yang harus dihormati di Desa karena mereka adalah Tetua Adat, jangan dibebankan dengan hal-hal seperti itu.

“Jadi saya memerintahkan ini dibuatkan Perdes. Jangan sampai Hukum Tua dan Perangkat desa terbeban dengan biaya-biaya seperti itu sehingga akhirnya mengambil dari Dana Desa yang seharusnya diperuntukkan bagi pembangunan Desa,” tandas Sumendap.

“Jangan sampai Hukum Tua dan Perangkat Desa tidak menghadiri acara hanya karena tidak ada uang pegang tangan lalu beralasan ada urusan lain dan sebagainya. Kasihan kan mereka bila di Desa ada lebih dari empat acara kemudian harus pegang tangan amplop semua karena harus memenuhi undangan,” ujarnya.(fernando lumanauw)

Leave a Reply