Bupati JWS Dampingi Gubernur OD Resmikan Prasarana Air Baku Tondano

Minahasa – Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey SE, didampingi Bupati Minahasa Drs Jantje Wowiling Sajow MSi, meresmikan Pembangunan Prasarana Air Baku Tondano, di Kelurahan Paleloan Kecamatan Tondano Selatan, Jumat (16/03) sore.

Acara ini diawali dengan ucapan selamat datang oleh Bupati JWS. Bupati JWS dalam ucapan menyambut kedatangan Gubernur OD dan Kepala Air Tanah Air Baku Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Repoblik Indonesia Ir Mohammad Amir Hamzah MM, Kepala Balai Air Sungai Sulawesi I Jidon Watania, serta tamu undangan lainnya.

“Kita bersyukur karena Prasarana Air Baku Tondano ini boleh diresmikan, setelah cukup lama selesai namun belum bisa digunakan, tapi mulai saat ini sudah bisa digunakan,” kata JWS.

Selanjutnya, Kepala Balai Air Sungai Sulawesi I Jidon Watania dalam laporannya mengatakan, pembangunan Prasarana Air Baku Tondano ini dibangun dalam dua tahap, dimana tahap pertama dilaksanakan pada tahun 2014 dengan total anggaran Rp 9,5 Miliar dan tahap dua dengan total nilai Rp 4,3 Miliar.

“Dengan beroperasinya Prasarana Air Baku Tondano ini, yang nantinya akan diserahkan ke Pemkab Minahasa dan dikelolah oleh PDAM Minahasa, dapat memenuhi kebutuhan air domestik, memenuhi kebutuhan air baku Kampus IPDN Tampusu, memenuhi kebutuhan air baku Kampus Unima Tondano dan memenuhi air baku masyarakat Kota Tondano dan sekitarnya, dimana saat ini ada 1.500 sambungan rumah,” ujarnya.

Sementara, Gubernur OD dalam sambutannya juga mengajak masyarakat Minahasa bersyukur karena Prasarana Air Baku Tondano ini bisa mulai beroperasi.

“Kita bersyukur karena dengan perjuangan panjang akhirnya bisa mewujudkan penggunaan Prasarana Air Baku Tondano ini, karena sebelumnya terbengkalai dengan kendala pemasangan listrik. Semua janji pak JWS lunas dengan diresmikannya pompa air ini, ini hadiah bagi pak JWS diakhir masa jabatannya dan diberikan untuk masyarakat,” pungkasnya.

Acara kemudian diakhiri dengan penandatanganan prasasti peresmian oleh Gubernur OD dan Kepala Air Tanah Air Baku Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Repoblik Indonesia Ir Mohammad Amir Hamzah MM, serta pengguntingan pita oleh Gubernur OD.

Turut hadir dalam acara peresmian ini, Sekretaris Daerah Minahasa Jeffry Robby Korengkeng SH MSi, Dirut PDAM Minahasa Drs Arnold Winowatan DEA, Kapolres Minahasa AKBP Christ R Pusung SIK, Dandim 1302 Minahasa Letkol Inf Jubert Nixon Purnama STh, Camat Tondano Selatan Robert Ratulangi SPd, serta tamu undangan lainnya.(fernando lumanauw)

Leave a Reply