Bupati JWS Terima Penghargaan Upakarya Wanua Nugraha Dari Kemendagri-RI

Minahasa – Bupati Minahasa Drs Jantje Wowiling Sajow MSi terima Upakarya Wanua Nugraha, dari Kementrian Dalam Negeri Repoblik Indonesia (Kemendagri-RI), atas prestasi dalam melakukan pembinaan kepada Desa Juara Tingkat Regional Tahun 2016, yang diserahkan langsung oleh Wakil Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Drs Steven OE Kandow, bertempat di BPU Tondano, Kamis (09/11) siang.

Usai penyerahan penghargaan ini, acara kemudian dilanjutkan dengan Rapat Koordinasi dan Evaluasi Dana Desa Provinsi Sulawesi Utara Tahun 2017, yang dihadiri pula oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Provinsi Sulut Drs Royke Mewoh MSi dan Kepala Dinas PMD Minahasa Djefry Sumendap Sajow SH.

Wagub Steven Kandouw dalam sambutannyanya memgatakan, salah satu agenda prioritas dalam nawacita, sebagaimana yang menjadi substansi rapat hari ini adalah, membangun Indonesia dari pinggiran, dengan memperkuat Daerah-daerah dan Desa, dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Dalam kesempatan ini pula, Wagub menyampaikan pokok-pokok penting yang sekiranya dapat dibahas dalam Rapat Koordinasi dan Evaluasi Dana Desa ini yakni, efektivitas regulasi, implementasi Dana Desa, penguatan kapasitas Aparatur Desa dan perlunya Tim pengendali.

“Saya juga ingin menekankan tentang prinsip pembangunan yang diamanatkan oleh Undang-undang Desa yaitu, Desa Membangun dan Membangun Desa, dua hal ini adalah saling mendukung. Oleh karena itu melalui forum ini, saya harapkan semua unsur yang terlibat dalam pelaksanaan Undang-undang Desa, baik Pemerintah Daerah, maupu unsur lainnya dapat bersatu padu, bekerjasama dan bergotong royong untuk mewujudkan Desa Membangun. Hindari tumpang tindih dan jauhi ego sektoral yang masih ada, perkuat koordinasi, tingkatkan sinkronisasi dan kembangkan harmonisasi,” tukasnya.

Diakhir sambutannya Wagub kemudian menyampaikan bahwa, Minahasa dapat mewujudkan cita-cita pembangunan nasional untuk membangun dari pinggiran demi terwujudnya indonesia yang berdaulat, mandiri dan berkepribadian berlandaskan gotong royong.(fernando lumanauw)

Leave a Reply