Bupati ROR Fokus Pencegahan Korupsi di Jajarannya

Minahasa – Bupati Minahasa Dr Ir Royke Octavian Roring MSi berkomitmen memfokuskan diri dalam upaya pencegahan terjadinya korupsi di jajaran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa yang dipimpinnya.

Hal ini diungkap Bupati ROR usai dirinya bersama Wakil Bupati Robby Dondokambey SSi MM mengikuti Rapat Koordinasi Pengawasan Intern Keuangan dan Pembangunan Tingkat Provinsi Sulawesi Utara, bertempat di ruang Mapalus Kantor Gubernur Sulawesi Utara, Selasa (30/03) pagi.

Usai Rakor yang dibuka langsung oleh Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey SE didampingi Wakil Gubernur Drs Steven Kandouw ini, Bupati ROR kepada wartawan mengatakan, dari materi materi yang ditekankan Badan Pemeriksa Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Sulut, salah satu menyangkut Monitoring Center Of Prevention (MCP), dimana hal tersebut terkait upaya pencegahan korupsi.

Menurutnya, kehadiran MCP ini dilatarbelakangi keinginan untuk membangun suatu kerangka kerja yang dapat digunakan untuk memahami elemen-elemen risiko korupsi. Elemen tersebut kata ROR, dapat dikelompokkan berdasarkan sektor, wilayah, atau instansi yang rentan terhadap korupsi dan menerjemahkan pemahaman tersebut menjadi gambaran strategis dan prioritas rekomendasi, yang akan memberikan arahan bagi upaya pencegahan korupsi.

“MCP kita sebelumnya sudah lumayan. Kita terus berupaya semaksimal mungkin agar tahun ini juga hasilnya lebih baik lagi,” ujar ROR.

Dia berharap, jajaran Pemkab Minahasa dibawah pimpinan dirinya bersama Wabup RD, tegas berkomitmen untuk terus melakukan langkah dan upaya dalam rangka peningkatan persentase capaian MCP, untuk Minahasa yang semakin maju dan hebat kedepan.

“Komitmen mencegah terjadinya tindakan korupsi ini tentunya harus didukung seluruh jajaran. Tidak ada kompromi dengan mereka yang coba melakukan tindakan korupsi, karena sanksi hukumnya jelas,” pungkasnya.

Sebagai narasumber dalam kegiatan ini, Inspektorat Jenderal Kementerian Dalam Negeri RI Bachtira Sinaga SE MM CRGP, Deputi Kepala BPKP Bidang Investigasi RI Agustina Arumsari Ak MH CFE CGrA CA QIA dan Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi RI Alexander Marwata Ak SH CFE.(fernando lumanauw)

Leave a Reply