Bupati ROR Jamu Danrem 131 Santiago di Rudis, Ini Yang Dibahas

Minahasa – Komandan Resor Militer (Danrem) 131 Santiago, Kolonel TNI Prince Meyer Putong, Kamis (04/06) pagi, melakukan kunjungan ke Kabupaten Minahasa dan dijamu Bupati Minahasa Dr Ir Royke Octavian Roring MSi, di rumah dinas Bupati, Kelurahan Sasaran Kecamatan Tondano Utara.

Salah satu yang menjadi pembahasa dalam pertemuan ini yakni mengenai rencana TNI melakukan kegiatan Tentara Manunggal Masuk Desa tahun 2020 yang akan dilaksanakan di Kabupaten Minahasa.

Rencana TMMD di Minahasa ini kemusian tertuang dalam perjanjian kerjasama atau MoU, antara Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa dan Kodim 1302 Minahasa, dimana penandatanganan MoU ini disaksikan langsung Danrem.

Bupati ROR terkait kunjungan ini menyampaikan selamat bertugas di Sulawesi Utara dan selamat datang di Kabupaten Minahasa dalam kunjungan kerja kepada Danrem Meyer Putong ini.

“Sinergitas antara Pemkab Minahasa bersama TNI dalam hal ini Kodim 1302 Minahasa dan Kodim 1309 Manado, sampai saat ini berjalan baik dan lancar. Baik sebelum kondisi pandemik COVID-19 maupun selama pandemik COVID-19. Kerjasama dalam pengamanan untuk menciptaaan ketentraman di wilayah Minahasa berjalan dengan baik, juga sosialisasi kepada masyarakat bagaimana pentingnya mengikuti protokol kesehatan dilakukan dengan baik,” kata Bupati.

ROR kemudian melaporkan juga bahwa, sebelum pandemik ini, Pemkab Minahasa dan TNI sudah melakukan kerjasama pembersihan eceng gondok di Danau Tondano dan sudah membersihkan bagian barat Danau.

“Terkait TMMD ini, saya menyampaikan bahwa wilayah yang akan dilaksanakannya TMMD adalah wilayah pertanian yang sangat luas. Dengan adanya pelaksanaan TMMD ini, tentu akan sangat membantu masyarakat dan Pemkab Minahasa, dalam membagun desa,” pungkasnya.

Sementara, Danrem Putong juga menyampaiakan terimak kasih dan apresiasi kepada Pemkab Minahasa atas kerjasama yang selama ini sudah berjalan baik dan lancar dengan TNI. Menurutnya, soal TMMD diwilayah Minahasa ini, TNI akan selalu membantu demi kesejahteraan masyarakat di Desa.

“Kalau ada yang sulit untuk di kerjakan, biar kami yang kerjakannya,” tukasnya.

Dirinya berharap, program TMMD yang dilaksanakan di wilayah Minahasa bermanfaat dan berdampak langsung ke masyarakat. Dia lalu meminta semua anggota TNI agar bertanggung jawab kepada masyarakat dengan mengerjakan sebaik baiknya.

“Dilapangan jika ada terjadi dinamika itu harus dikerjakan dan harus berhasil untuk masyarakat,” pungkasnya.

Turut Hadir, Sekda Minahasa Frits R Muntu, SSos, Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Sekdakab Dr Denny Mangala MSi, Asisten III Dr Christian Vicky Tanor MSi, Kadis PUPR Teddy Lumintang ST, Kabag Hukum Welem Nainggolan SH, Kabag Prokopim Maya Kainde SH MAP, Kabag Umum Lona Wattie SSTP, serta hadir pula mendampingi Danrem, Dandim 1302 Minahasa Letkol Inf Slamet Raharjo SSos MSi, Kasi Intel Rem 131/Santiago Kolonel Inf Rio Akmal Syahbana SH, Kasi Ops Rem 131/Santiago Kolonel Inf Akatoto, Kasi Log Rem 131/Santiago Kolonel Arm Gunawan SSos MT dan Kasdim 1302/Minahasa Mayor Inf Vekky Welang.(fernando lumanauw)

Leave a Reply