Bupati ROR: Pilhut Serentak Tahap III di Minahasa Diupayakan Akhir 2019 Nanti

Minahasa – Pemilihan Hukum Tua (Pilhut) Serentak Tahap III di Kabupaten Minahasa direncanakan bakal dilaksanakan akhir tahun 2019 ini.

Hal ini diungkap Bupati Minahasa Ir Royke Octavian Roring MSi, dalam rapat koordinasi dan evaluasi pemantapan Dana Desa (DD), Alokasi Dana Desa (ADD) dan Dana Kelurahan, serta pemantapan program Pemerintah di Kabupaten Minahasa, bertempat di BPU Tondano, Selasa (09/07) pagi.

Menurut Bupati ROR, Pilhut Serentak Tahap III ini dipercepat pelaksanaannya berdasarkan surat edaran Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey SE. “Saat ini Pemkab Minahasa sementara berupaya menyediakan pembiayaannya di APBD Perubahan tahun 2019 ini,” kata ROR.

Ditambahakannya, bila dana dalam APBD Perubahan 2019 Kabupaten Minahasa nanti tidak mencukupi, hal ini akan ditalangi Pemerintah Provinsi Sulut akan dengan dana hibah. “Sesuai petunjuk pak Gubernur, bila dana di APBD Perubahan Minahasa tidak mencukupi, maka akan ada dana hibah dari Pemprov Sulut. Jadi dapat dipastikan Pilhut ini akan digelar akhir tahun nanti,” kata Bupati.

Sementara, sesuai Undang-undang nomor 06 tahun 2014 tentang Desa, Pilhut dapat dilakukan dalam tiga tahap selang waktu enam tahun sejak UU ini disahkan. Minahasa sendiri telah melakukan dua kali Pilhut Serentak yakni pada Juli tahun 2015 sebanyak 80 Desa dan pada April 2017 silam sebanyak 49 Desa. Sedangkan untuk Pilhut Serentak Tahap III ini akan dilaksanakan di akhir tahun 2019 sebanyak 98 Desa.(fernando lumanauw)

Leave a Reply