Bupati ROR Presentasikan Rencana Penyelamatan Danau Tondano di Bappenas

Jakarta – Dalam rangka revitalisasi Danau Tondanp, Bupati Minahasa Ir Royke Octavian Roring MSi, mempresentasikan Rencana Penyelamatan/Pengelolaan Danau Tondano dan Infrastruktur Penunjang, Selasa (22/10) pagi, bertempat di Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional Republik Indonesia/ Badan Perencanaan Pembangunan Nasional, jalan Taman Suropati Jakarta Pusat.

Dalam presentasi ini, Kepala Bagian Humas dan Protokol Sekretariat Daerah Kabupaten Minahasa Maya Marina Kainde SH MAP menyampaikan bahwa, Bupati ROR juga membeber mengenai strategisnya Danau Tondano bagi kehidupan masyarakat, tidak hanya di Kabupaten Minahasa, tapi juga Sulawesi Utara.

“Pak Bupati juga memyampaikan bahwa, sebagai sumber air dan pemutar turbin untuk Pembangkit Listrik Tenaga Air di Tonsealama, Danau Tondano jiga bisa menjadi objek wisata dan olahraga danau. Saat ini Pemerintah Kabupaten Minahasa, sedang melakukan pembersihan danau dan solusi untuk menghalang pendangkalan,” kata Kainde.

Untuk diketahui, pada tahun 1939, kedalaman Danau Tondano mencapai 43 meter, dan di tahun 2015 tinggal 14 meter. Hal menandakan terjadi pendangkalan cukup signifikan yakni mencapai 29 meter.

“Danau Tondano saat ini masuk salah satu danau yang menjadi prioritas nasional. Untuk itu, Pemkab Minahasa terus berupaya agar dapat mengatasi permasalahan lingkungan di kawasan Danau Tondano,” pungkasnya.

Kehadiran Bupati di Kementrian Bappenas untuk prrsentasi didampingi Asisten II Sekdakab Minahasa Drs Donald Wagey MBA dan Kepala Balai Wilayah Sungai Sulawesi I, diantaranya Direktur Pengairan dan Irigasi, Abdul Malik Sadat Idris ST MEng.(fernando lumanauw)

Leave a Reply