Camat dan Lurah Harus Implementasikan Kesepakatan Rakornas Kependudukan

Tomohon- Pemerintah Kota Tomohon menyelenggarakan kegiatan Rapat fasilitasi perumusan kebijakan dan koordinasi pelaksanaan penyelenggaraan tugas di bidang pengendalian penduduk dan keluarga berencana, administrasi kependudukan dan catatan sipil, Rabu (24/10/2017).

Walikota Tomohon melalui Wakil Walikota Tomohon Syerly Adelyn Sompotan membuka kegiatan rapat fasilitasi ini yang dihadiri oleh Kapolres Tomohon AKBP I Ketut Agus Kusmayadi SIK. Sebagai narasumber, Asisten Bidang Kesejahteraan Rakyat Setda Kota Tomohon Dra Truusje Kaunang, Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kota Tomohon Ir Corry Caroles sebagai narasumber, Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Setda Kota Tomohon Drs Laurensius Kawuwung, Para Camat dan Lurah se- Kota Tomohon.

Wakil Walikota Tomohon Syerly Adelyn Sompotan menegaskan bahwa Pemerintah Kota Tomohon berkomitmen kuat mengimplementasikan komitmen global, komitmen regional, dan komitmen nasional di Kota Tomohon ini yang bertambah lagi dimensi kotanya yakni Kota Harmoni.

Beberapa arahan yang berisikan perintah harian kepada jajaran perangkat daerah terkait komitmen ini yaitu bahwa dalam Rakornas di Gorontalo 18-19 mei 2017 seluruh pemerintah propinsi, kabupaten/kota seluruh Indonesia telah menyepakati hasil-hasil Rakornas kependudukan dan catatan sipil dan telah menandatangani perjanjian kinerja untuk beberapa hal diantaranya melakukan percepatan pelayanan penerbitan KTP elektronik, Kartu Keluarga dan Akta Pencatatan Sipil, Percepatan pelayanan akta kelahiran untuk anak usia 0-18 tahun dan merapikan data kependudukan di wilayahnya.

“Kepada para camat dan lurah harus menyatakan komitmen kuat mendukung diimplementasikan hasil-hasil Rakornas. Kepada kecamatan dan Kelurahan yang mencapai target nasional di kecamatan dan Kelurahannya, akan dipertimbangkan mendapat penghargaan Anugerah Aku Emas pada tahun 2018,” kata Sompotan.

Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Setda Kota Tomohon Drs Laurensius Kawuwung, dalam laporannya menjelaskan bahwa tujuan diadakannya rapat fasilitasi ini yaitu untuk meningkatkan komitmen dan peran serta semua lapisan masyarakat, stakeholder dan mitra kerja dalam pengendalian dampak kependudukan di masa yang akan datang, meningkatkan pengetahuan, sikap dan perilaku masyarakat tentang isu kependudukan serta untuk menciptakan wawasan berpikir yang luas melalui ceramah dan diskusi.(mar)

Leave a Reply