Capai 113 Desa, Hari Ini 19 Desa di Minahasa Cairkan BLT Tahap III Kepada Warga Karang Mampu

Minahasa – Sebanyak 19 Desa tersebar di sejumlah Kecamatan di Kabupaten Minahasa, hari ini Kamis (10/07), mencairkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) kepada warga kurang mampu yang terdampak COVID-19.

Pencairan BLT yang bersumber dari Dana Desa ini sendiri merupakan tahap III atau tahap terakhir, dari tiga tahap pencairan yang direncanakan, dimana masing-masing pencairan sebesar Rp 600 ribu per penerima manfaat, melalui Bank SulutGo Cabang Tondano.

Adapun Desa-desa yang mencairkan BLT tahap III hari ini yakni, Desa Tonsealama, Kembuan dan Kembuan Satu Kecamatan Tondano Utara. Desa Watumea Kecamatan Eris, Desa Kaweng Kecamatan Kakas, Desa Totolan Kecamatan Kakas Barat.

Selanjutnya, Desa Ranotongkor, Ranotongkor Timur, Lolah, Lolah Satu, Lolah Dua, Lolah Tiga, Lemoh Barat, Lemoh Timur dan Lemoh Kecamatan Tombariri Timur. Desa Ranolambot Kecamatan Kawangkoan Barat, Desa Tondegesan Kecamatan Kawangkoan, Desa Kiawa Dua Kecamatan Kawangkoan Utara dan Desa Taraitak Satu Kecamatan Langowan Utara.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Minahasa Jeffry Tangkulung SH MAP kepada Cybersulutnews.co.id mengatakan, hingga saat ini sudah 113 Desa dari 227 Desa yang tersebar di 25 Kecamatan di Minahasa yang mencairkan BLT tahap III.

“Untuk tahap I dan II sudah tuntas 100 persen. Sedangkan untuk tahap III sudah 113 Desa yang melakukan pencairan sampai hari ini. Dimana, dari 113 Desa, ada total 9.963 penerima, dengan total anggaran Rp 5.977.800.000. Target kami, pekan depan untuk pencairan tahap III atau bulan ketiga sudah sudah selesai 100 persen,” terang Tangkulung, sembari menghimbau warga masyarakat penerima agar menggunakan uang BLT ini untuk kebutuhan pokok sehari-hari.

“Kami sangat berharap BLT ini digunakan warga untuk memenuhi kebutuhan pokok sehari-hari dimasa pandemi COVID-19 ini, dan tidak digunakan untuk hal-hal lain seperti membeli rokok atau minuman keras,” harapnya.(fernando lumanauw)

Leave a Reply