Cegah Penularan Penyakit DBD, Pemkab Minahasa Gelar Garakan Bersih-bersih Lingkungan

Minahasa – Dalam rangka pencegahan penularan penyakit Demam Berdarah (DBD), yang juga menjadi istruksi Bupati Minahasa Ir Royke Oktavian Roring MSi, jajaran Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa, bakal menggelar Gerakan Bersih-bersih Lingkungan secara serentak di seluruh wilayah Kabupaten Minahasa, Jumat (11/01) besok pagi.

Kepala Bagian Humas dan Protokol Sekretariat Daerah Kabupaten Minahasa Drs Moudy Leonhard Pangerapan MAP kepada wartawan, Kamis (10/01) siang mengatakan, kegiatan ini akan dilaksanakan mulai pukul 07.00 WITA, sesuai dengan surat edaran nomor 005/004/sekt-eko-sda, yang ditandatangani Sekretaris Daerah Kabupaten Minahasa Jeffry Robby Korengkeng SH MSi, tertanggal 9 Januari 2019.

“Fokus gerakan bersih-bersih lingkungan ini yakni di wilayah-wilayah yang berpotensi berkembang biaknya nyamuk Aedes Aegypti penyebab DBD, dan membersihkan wadah-wadah yang menjadi tempat genangan air dimana nyamuk ini bertelur,” terang Pangerapan.

Dikatakannya, seluruh Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) wajib melibatkan seluruh ASN di lingkungan kerja masing-masing, dengan membawa peralatan kerja bakti.

“Para Camat dapat menginstruksikan seluruh Hukum Tua dan Lurah bersama Perangkat agar mengajak seluruh masyarakat terlibat membersikan lingkungan tempat tinggal masing-masing. Demikian juga Kepala Dinas Pendidikan agar menginstruksikan seluruh Sekolah untuk membersikaan lingkunagn sekolah masing-masing,” ujarnya.

“Bagi Desa atau Kelurahan yang memiliki kesepakatan waktu kerja bakti agar dapat menyesuaikan sesuai waktu yang disepakati. Khusus Kepala Dinas Kesehatan agar menginstruksikan para kepala puskesmas untuk melakukan fogging di wilayah yang rawan DBD. Khusus Kepala Lingkungan Hidup agar mengatur pembagian wilayah untuk mobil pengangkut sampah,” katanya lagi.

“Kerja bakti ini akan di pantau oleh Asisten I diwilayah Dapil III, Asisten II di wilayah Dapil II, Asisten III Dapil I dan Inspektur Daerah di wilayah Dapil IV. Hasil pemantauan akan dilaporkan kepada Bupati dan Wakil Bupati Minahasa,” pungkasnya.(fernando lumanauw)

Leave a Reply