Cegah Penyebaran Penyakit DBD, Wowor Ajak Masyarakat Bersih-bersih Lingkungan

Mitra – Guna mencegah penyebaran penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) akibat nyamuk Aedes Aegyti di Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra), Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mitra menghimbau kepada masyarakat agar rajin bersih-bersih lingkungan.

Hal ini diungkap Bupati Mitra James Sumendap SH, melalui Kepala Bagian Humas dan Protokol Sekretariat Daerah Kabupaten Mitra Frangky Wowor, kepada sejumlah wartawan, Kamis (17/01). Dimana menurutnya, hal ini juga sebagai tindak lanjut surat edaran Gubernur Sulut Olly Dondokambey, tentang pencegahan penyebaran penyakit DBD.

“Pengasapan atau Foging itu hanya membunuh Nyamuk tapi tidak membunuh jentik-jentik Nyamuk. Untuk membunuh jentik-jentik Nyamuk itu harus dengan cara membersihkan lingkungan, mengubur barang bekas yang bisa menampung air dan berpotensi menjadi tempat bertelur nyamuk, menguras bak mandi dan penampungan air lainnya dan menutup agar tidak jadi sarang nyamuk bertelur,” kata Wowor.

Dirinya pun atas nama Pemkab Mitra menghimbau kepada para Camat, Lurah dan Hukum Tua se-Kabupaten Mitra agar melaksanakan kerja bakti bersih-bersih di lingkungan masing-masing, dengan melibatkan seluruh masyarakat tanpa terkecuali.

“Pemerintah Kecamatan, Desa maupun Kelurahan, agar dapat mengerahkan masyarakat untuk melaksanakan kerja bakti membersihkan lingkungan di tempat tinggal masing-masing secara rutin, guna mencegah penularan penyakit DBD ini, juga untuk kesehatan lingkungan bersama tentunya,” himbau Wowor.

“Himbuan tersebut kiranya dapat dilaksanakan, dan disosialisasi terus menerus, agar masyarakat tau dan melaksanakan apa yang di mintakan,” pungkasnya.(fernando lumanauw)

Leave a Reply