CPNS Honda Diminta Waspada Calo

wabup ivan sarundajang

wabup ivan sarundajang

Minahasa – Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dari jalur honor daerah (Honda) di Kabupaten Minahasa yang baru mengikuti tes dihimbau waspada terhadap aksi calo.

Hal tersebut ditegaskan Wakil Bupati Minahasa, Ivan SJ Sarundajang (Ivansa), kepada CSN, Sabtu (09/11), ketika menanggapi informasi dan rumor di masyarakat, yang mana sudah ada calo yang mulai meminta sejumlah uang kepada Honda dengan iming-iming lulus tes.

“Saya ingatkan agar para Honda yg baru saja di tes untuk tidak memberikan uang kepada calo-calo CPNS, karna menurut laporan dari masyarakat, sudah ada orang yang minta-minta uang dalam rangka memuluskan kelulusan tes Honda,” tegas Ivansa.

Menurutnya, ulah seperti ini dapat menyebabkan keresahan di masyarakat dan mencoreng citra Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa.

“Hal-hal seperti ini, harus kita hilangkan di Tanah Minahasa. Harus diingat, bahwa sejak awal, saya bersama bapak Bupati telah berkomitmen untuk melakukan perubahan dan pembaharuan di Minahasa. Perubahan dan pembaharuan itu harus dari segala sisi, termasuk dalam penataan kelembagaan dan penataan birokrasi, didalamnya masuk proses rekrutmen CPNS Honda,” ujarnya.

Lanjut dikatakannya, segala sesuatu termasuk kelulusan tes CPNS tak bisa dinilai dengan uang, karena hal tersebut dapat merusak tatanan pemerintahan yang akan berdampak ke masyarakat.

“Kalau segala sesuatu harus dinilai dengan uang, ini berbahaya, ini justru akan merusak tatanan pemerintahan kita. Dalam peran dan fungsi pengawasan yang melekat kepada saya, sejak awal saya terus mengawasi proses rekruitmen CPNS Honda. Dan apabila saya temui ada permainan dari calo-calo, tentunya hal itu akan diproses sesuai aturan dan ketentuan UU yang berlaku, karena itu konsekuensinya,” tegasnya.

Ivansa kemudian berharap, masyarakat Minahasa tidak dibuat resah dengan isu ini, khususnya para Honda.

“Jangan khawatir dan takut untuk melaporkan kepada saya bila menemukan praktek calo. Saya janji akan melindungi nama pelapor, karena itu jangan takut, laporkan saja kalau ada. Saya bersama kalian, saya bersama-sama dengan rakyat Minahasa untuk memajukan daerah tercinta ini,” ujarnya.(fernando lumanauw)