Curah Hujan Tinggi, Warga Dihimbau Waspada Bencana

Ondong – Hujan dengan intensitas tinggi mengguyur bumi Karangetang Mandolokang Kolo-kolo, tiga hari terakhir.

Berkaca dari terjadinya sejumlah peristiwa bencana alam yang belum lama menimpah daerah ini, membuat pemerintah daerah mengambil tindakan antisipatif, dengan menghimbau kepada warga agar waspada atau berhati-hati dengan perubahan cuaca.

Plt Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sitaro Bob Wuaten, mengatakan, tingginya intensitas curah hujan saat ini patut diwaspadai. Apalagi dibarengi dengan tiupan angin kencang.

“Potensi terjadinya bencana banjir, banjir bandang dan longsor pun diprediksi masih tetap tinggi. Karena itu, kami menghimbau warga yang tinggal di kawasan bantaran kali dan lokasi rawan longsor agar senantiasa berhati-hati dan tanggap akan bencana,” kata dia mengingatkan.

Wuaten menyebutkan, menghadapi musim penghujan, pemerintah pun telah melakukan berbagai antisipasi, seperti memetakan daerah-daerah rawan bencana.

“Daerah-daerah tersebut merupakan kawasan yang pernah dilanda banjir dan banjir bandang. Untuk itu, menghadapi perubahan cuaca ini warga tetap waspada, agar terhindar dari malapetaka,” imbuh Wuaten.

Sementara itu, Bupati Sitaro Toni Supit, menambahkan, agar warga yang berdomisili di wilayah rawan banjir lahar dingin material gunung Karangetang agar tetap waspada. Bukan hanya itu, bupati juga mengajak agar warga selalu menjaga kebersihan lingkungan.

“Tingginya intensitas hujan akhir-akhir ini, warga diharapkan untuk tetap menjaga kebersihan, dengan melaksanakan program 3 M yaitu membersihkan, menguras dan mengubur. Tindakan ini untuk mencegah timbulnya wabah penyakit malaria,” tandas bupati.(jackmar tamahari)

Leave a Reply