Dampingi Menteri KLH, Wagub Kandouw Tanam Pohon dan Bicara Soal Taman Nasional Bunaken

Manado – Wakil Gubernur Sulawesi Utara, Steven Kandouw mendampingi Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLH), Siti Nurbaya dalam kunjungan kerjanya bersama Anggota Dewan Pertimbangan Presiden, Jan Darmadi di Anoa Breeding Centre (ABC) Balai Pengembangan dan Penelitian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (BP2LHK) Manado, Sulawesi Utara, Kamis (11/01).

Di sela kunjungan kerja di ABC BP2LHK Manado, Menteri LHK Siti Nurbaya , Watimpres Jan Darmadi dan Wakil Gubernur Steven Kandouw melakukan penanaman Pohon.

Sebelumnya, Wagub menandatangani kerjasama penguatan fungsi dan pelestarian Taman Nasional Bunaken antara Pemprov Sulut dengan Kementrian LHK melalui Direktorat Jendral Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem.

Kepada Menteri Siti Nurbaya, Kandouw menyampaikan bahwa Taman Laut Bunaken harus terus dilestarikan sebab merupakan magnet bagi wisatawan yang berkunjung ke daerah Nyiur Melambai. “Pada tahun 2017 lalu salah satu resort di Bunaken yakni Siladen meraih penghargaan The Best Resort In The World. Dunia juga mengakui Bunaken, makanya harus terus kita jaga kelestariannya,” katanya.

Lanjutnya, saat ini pemilikan dan pengelolaan Taman Laut Bunaken berada di pusat dalam hal ini di Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Kondisi ini menjadi permasalahan karena pemerintah daerah tak bisa masuk dalam pengembangan dan penanganan permasalahan di Taman Nasional Bunaken. Akibatnya, sejumlah masalah terkait kepariwisataan di Bunaken tak bisa diselesaikan Pemerintah Daerah.

“Masalah ini terlah terjadi selama 30 tahun. Akan tetapi sejak Menteri Siti Nurbaya bertemu Gubernur Sulut tahun lalu, sudah ada titik terang terkait permasalah tersebut. Buktinya hari ini dilaksanakan penandatanganan kerjasama penguatan fungsi dan pelestarian Taman Nasional Bunaken antara Pemprov Sulut dengan Kementrian LHK melalui Direktorat Jendral Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem,” imbuhnya.

Menteri Siti Nurbaya menanggapi pernyataan Wagub mengatakan, pengembangan Bunaken akan terus dilakukan pemerintah pusat dengan bersinergi dengan pemerintah daerah sehingga mampu memikat wisatawann untuk berkunjung.

Turut dengan Meneteri Siti Nurbaya antara lain : Deputi Ilmu Pengetahuan Hayati LIPI Ibu Prof DR Enny Sudarmowati, Kepala Badan Pengembangan dan Inovasi Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI Dr Agus Justianto, Direktur Jenderal Konversi Sumberdaya Alam dan Ekosistem Kementerian LH dan Kehutanan RI Ir Wiratno , MSc, dan Kepala Badan Pengembangan dan Penyuluhan2 Sumberdaya Manusia KLH dan Kehutanan RI Dr Ir Helmy Basalama, MSc.

Hadir juga Forkopimda Sulut, Bupati Minahasa Selatan Tety Paruntu, Walikota Bitung Max Lomban Pejabat Eselon 2 di lingkup Pemprov Sulut dan Kabupaten Kota.

Leave a Reply