Dana Bagi Hasil Pusat ke Pemkab Minahasa Tak Tuntas, Bupati ROR Sambangi Kemenkeu

Jakarta – Dana bagi hasil Pemerintah Pusat ke Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa, pada tahun 2019 lalu, tak dicairkan 100 persen hingga tahun anggaran berakhir.

Menindak lanjuti hal tersebut, Bupati Minahasa Ir Royke Octavian Roring MSi, didampingi Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Minahasa Drs Donald Wagey MBA, menyambangi Kantor Kementrian Keuangan Repoblik Indonesia (Kemenkeu-RI), Jumat (07/02) pagi.

“Karena tidak sua dicairkan, maka kami datang mengkoordinasikan dan mengkomunikasikan langsung dana bagi hasil tahun 2019 tersebut ke Ditjen Perimbangan Keuangan Daerah Kemenkeu RI,” kata Bupati.

Untuk tahun 2019 lalu, terang Bupati ROR, berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan, Kabupaten Minahasa memperoleh alokasi dana bagi hasil sebesar Rp32,46 Miliar, yang kemudian direvisi menjadi Rp 31,96 Miliar.

“Nah, yang direalisasikan hingga triwulan III sudah mencapai Rp 22,39 Miliar. Masih ada Rp 9,58 Miliar yang ditunda penyalurannya, dan itu yang perlu kita koordinasikan bersama demi menunjang pelaksanaan program pembangunan di Kabupaten Minahasa,” tukasnya sembari berharap dana tersebut bisa dicairkan untuk pembangunan di Minahasa.

“Dana untuk pebangunan di Minahasa, makanya kita upayakan itu bisa direalisasikan sisanya,” pungkasnya.(fernando lumanauw)

Leave a Reply