Danrem 131 Santiago Tekankan Netralitas Prajurit TNI Kodim 1302 Minahasa Hadapi Pemilu 2019

Minahasa – Komandan Korem 131 Santiago Sulawesi Utara Brigadir Jenderal TNI Joseph Robert Giri SIP MSi, menekankan soal netralitas TNI Kodim 1302 Minahasa, dalam menghadapi Pemilihan Umum (Pemilu) Presiden dan Wakil Presiden, Dewan Perwakilan Daerah dan Lefislatif tahun 2019, di wilayah teritortial Kodim 1302 Minahasa.

Hal ini dikatakan Danrem kala dirinya melakukan kunjungan kerja dan tatap muka dengan jajaran TNI Kodim 1302 Minahasa, di Makodim 1302 Minahasa, Jumat (11/01). Menurutnya, netralitas TNI ini harus disosialisasikan berulang-ulang dan ditekankan berulang-ulang kepada seluruh anggota TNI, sebab netralitas bagi TNI dalam Pemilu jelas hukummya.

“Ini sudah jelas, kita tidak bisa tawar-tawar soal itu, karena ada hukum yang mengatur dan koridornya sudah jelas. Netralitas itu wajib hukumnya dan akan ada sanksinya bila ta diindahkan. Tujuan kita supaya Pemilu ini berjalan sebagaimana mestinya,” tandasnya Giri yang kala itu didampingi Dandim 1302 Minahasa Letkol Inf Slamet Raharjo SSos.

“Sanksi bagi prajurit TNI bila tak netral yakni bisa sampai pada pemecatan. Tapi saya berharap tidak ada yang seperti demikian, dijatuhi sanksi sekecil apapun karena tidak netral. Karena kami berharap pelaksanaan Pemilu 2019 ini berjalan sesuai harapan dan berlangsung kondusif,” tukasnya.

Danrem juga meminta kepada prajurit TNI Kodim 1302 Minahasa agar bijak dalam menggunakan media sosial (Medsos), jauhi komentar-komentar yang berbau provokasi, serta hoax.

“Jangan terlibat dengan hal-hal yang buruk di medos, bijaklah dalam menggunakannya dan jang menyebar kebencian ataupun hoax, melainkan gunakanlah medsos untuk saling menopang dan saling mendukung dengam sesama,” pesan Giri.(fernando lumanauw)

Leave a Reply