Data Kerap Simpang Siur dan Sulit Didapat, Minahasa Perlu Media Center Covid-19

Minahasa – Informasi mengenai perkembangan Corona Virus Disease (Covid-19) di Kabupaten Minahasa dinilai kerap simpang siur dan sulit didapat, sehingga memantik kepanikan di masyarakat.

Untuk itu, Ketua Pers Minahasa (PERSMIN) Kelly Korengkeng mendesak Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa membuat Media Center khusus Covid-19, agar semua masyarakat Minahasa yang membutuhkan informasi seputar virus ini dapat memperoleh yang sudah valid dan dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Menurutnya, sampai saat ini tidak ada Media Center dari Pemkab Minahasa dalam memberikan layanan informasi publik kepada masyarakat terkait perkembangan, pencegahan dan penanganan perkembangan Covid-19.

Dirinya menilai, tidak adanya Media Center membuat informasi yang beredar di masyarakat lebih banyak dari sumber yang tidak kredibel.

“Pemkab Minahasa tidak memiliki Media Center khusus Covid-19. Akibatnya, masyarakat termasuk para jurnalis di Minahasa tidak memperoleh informasi yang up to date secara cepat. Padahal, kalau ada Media Center, para jurnalis bisa fokus di situ untuk memberikan informasi secara cepat dan intens dari sumber yang benar di Minahasa,” ujar Korengkeng, di sela-sela liputan di Kantor Bupati Minahasa, Rabu (25/03) sore.

Korengkeng berharap, Pemkab Minahasa dapat belajar dari daerah lain, termasuk dari Pemprov Sulut. “Pemkab seharusnya berkaca dari Satgas Penanggulangan Covid-19 Pemprov Sulut. Di sana ada Media Center yang menjadi sumber informasi satu pintu,” kata Korengkeng.

Ia juga berharap dengan adanya media center, publik dapat mengakses informasi yang benar tentang perkembangan Covid-19 di Minahasa, dimana dari pintu ini juga publik bisa mendapatkan edukasi.

“Peran aktif masyarakat sangat penting dalam mencegah penyebaran virus corona. Makanya perlu informasi yang baik dan benar tentang perkembangan virus ini dan masyarakat teredukasi kemudian memahami seluruh proses pencegahan penyebaran virus corona,” pungkasnya.(fernando lumanauw)

Leave a Reply