Dekan FEB Unsrat Herman Karamoy: Transparansi Keungan Pemkab Mitra Wajib Dicontoh

Mitra – Transparansi pengelolaan keuangan di Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa Tenggara (Mitra), yang diterapkan Bupati James Sumendap SH, mendapat tanggapan positif dari pakar ekonomi Sulawesi Utara (Sulut), Dr Herman Karamoy Ak MSi.

Dekan Fakultas Ekonomi Bisnis Universitas Negeri Sam Ratulangi (FEB-Unsrat) Manado ini, mengaku kagum dengan transparansi anggaran di Kabupaten Mitra yang diterapkan saat ini. Bahkan menurutnya, Pemerintah Kabupaten/ Kota di Sulut wajib mencontoh Pemkab Mitra.

“Saya kaget dengan kebijakan transparansi laporan keuangan di Kabupaten Mitra. Setiap SKPD diharuskan memajang papan rencana kegiatan beserta anggaran dan realisasinya di masing-masing halaman kantor pada sebuah baliho. Ini luar biasa,” kata Karamoy kepada wartawan saat dirinya berkunjung di lokasi perkantoran Blok B, Ratahan, Selasa, (12/02) siang.

Lanjut dikatakannya, penerapan tranparansi di Kabupaten Mitra ini menandakan akuntabilitas keuangan mereka sangat baik, sebab menurutnya, tranparansi itu berhubungan erat dengan akuntabilitas.

“Hal ini wajib ditiru daerah lain di Sulut, bahkan di daerah diluar Sulut. Apalagi penerapan transparansi seperti ini baru pertama pertama kali saya lihat dalam suatu pemerintahan daerah,” ujar Karamoy yang juga masuk dalam Unsur Pelaksana Pengkajian Daya Saing Daerah Kabupanten/Kota di Bapelitbang Sulut.(fernando lumanauw)

Leave a Reply